PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • enggar tri permata dewi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Khusnatul Zulfa W
  • Arif Hartono

DOI:

https://doi.org/10.24269/iso.v2i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan di universitas muhammadiyah ponorogo karena kecerdasan emosional merupakan sebuah materi yang belum dikembangkan diuniversitas muhammadiyah ponorogo apalagi jika mahasiswa masih memiliki tingkat kepercayaan yang belum stabil, sehingga membuat belum maksimalnya dalam proses pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari penyebabaran kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa prodi akuntansu angkatan tahun 2013 yang masih aktif perseptember 2017. Tehnik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menemukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hal ini dikarenakan mahasiswa yang malas untuk mencoba kembali disaat gagal dalam memahami akuntansi dan adanya persaingan sesama mahasiswa menyebabkan berkurangnya  semangat  belajar mahasiswa. Hubungan kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi yang diperkuat oleh kepercayaan diri, mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan mampu meningkatkan semangat belajarnya sehingga dapat memahami akuntansi

Downloads

Published

2018-04-05

Issue

Section

Articles