PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI SERBA USAHA ABDI JAYA SENTOSA DI PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v2i1.126Abstract
Problem yang sering dihadapi perusahaan-perusahaan adalah bagaimana perusahaan tersebut mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mencapai hal tersebut adalah salah satunya dengan menciptakan serta membangun loyalitas pelanggan. Koperasi serba usaha (KSU) “Abdi Jaya Sentosa†adalah salah satu perusahaan yang berupaya menarik dan mempertahankan anggotanya untuk bersikap loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment) dan komunikasi (communication) terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Serba Usaha "Abdi Jaya Sentosa" di Ponorogo secara parsial dan simultan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara metode kuesioner sebanyak 91 responden anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" yang diperoleh dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan purposive sampling. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis dengan analisis regresi berganda.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Terbukti kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Kepercayaan meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 31.1%, 2) Komitmen terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Â Komitmen meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 25.2%, 3) Komunikasi terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Komunikasi meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 23.8%, 4) Terbukti ke tiga secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas anggota. Variabel kepercayaan, komitmen dan komunikasi meningkatkan loyalitas anggota KSU "Abdi Jaya Sentosa" sebesar 88.9%. Saran yang dapat diberikan sebaiknya pengelola KSU "Abdi Jaya Sentosa" tetap dan berusaha lebih keras untuk menjalin komitmen, menjaga kepercayaan dan berkomunikasi yang baik dengan meningkatkan pelayanan yang berkualitas, selalu menyajikan informasi yang tepat dan akurat dan selalu menjalin komitmen demi terciptanya kerja sama yang dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.





.jpg)