PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.187Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility.Data yang digunakan dari penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier dan uji analisis jalur.Dalam menganalisis data peneliti menggunakan SPSS versi 19.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 55 perusahaan manufaktur tahun 2013-2016.Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Dari uji analisis regresi linier:Â a) Profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap corporate social responsibility. b) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. c) Profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. d) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. e) Corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2. Dari uji analisis jalur: Corporate social responsibility tidak dapat mempengaruhi hubungan antara variabel profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan hubungan antara likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.





.jpg)