PENTINGNYA PENERAPAN MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DALAM PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA KANTOR POS PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.190Abstract
Persaingan antar industri jasa semakin ketat terutama di era digital sekarang ini. Kantor Pos Ponorogo sebagai salah satu perusahaan BUMN dalam bidang jasa logistik pengiriman barang harus bisa menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya agar dapat mengatasi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan yang lebih subyektif dengan cara melakukan pengukuran indikator masalah pelayanan jasa pengiriman barang menggunakan model servqual dan menganalisis aktivitas perusahaan yang harus diperbaiki dalam pelayanan jasa pengiriman barang di kantor pos Ponorogo dengan teori rantai nilai (value chain). Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan model servqual dan analisis aktivitas menggunakan teori value chain perusahaan dapat meningkatkan daya saing dengan mengurangi masalah dalam hal pelayanan dan aktivitas perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata servqual gap 5 paling besar yaitu -1,88 pada dimensi reliability yang artinya tidak sesuai dengan harapan pelanggan sedangkan dari analisis menggunakan teori value chain dapat diketahui bahwa aktivitas primer pada indikator service di kantor Pos Ponorogo memerlukan perbaikan.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.





.jpg)