PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING,KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.194Abstract
Manusia pada hakikatnya memiliki banyak kebutuhan untuk menjaga kelangsungan hidupya, salah satunya kosmetik yang merupakan kebutuhan wanita, hal tersebut akan menciptakan potensi pasar yang sangat besar di industri kosmetik, konsumen dalam melakukan pembelian produk biasanya melihat kualitas produk, dan citra mereknya. PT Paragon Technologi and Innovation adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kosmetik. Dilihat dari data top brand penjualan kosmetik wardah selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, pertumbuhan pada tahun 2014 13,0%, tahun 2015 14,9% dan tahun 2016 naik 15,5% dapat diketahui kenaikan pada tahun 2014 ke tahun 2015 lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada tahun 2015 ke 2016. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Experiental Marketing,kualitas produk, citra merek terhadap Loyalitas Konsumen Wardah pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun akademik ganjil 2017/2018 yang menggunakan produk kecantikan Wardah yang berjumlah 3112. Sampel dihitung menggunakan rumus Simple rondom sampling sebanyak 130 responden. Metode analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan tingkat signifikan sebesar 5%.â€Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiental marketing dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen tetapi citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah konsumen dalam membeli sebuah produk tidak hanya melihat citra merek  karena menurut mereka tidak semua konsumen beranggapan wardah mempunyai reputasi yang bai,dan juga desain yang menarik sehingga konsumen menilai bahwa membeli produk wardah tidak bedasarkan citra merek, dan experiental marketing dan kualitas produk merupakan salah satu penentu loyalitas konsumen karena fitur experiental marketing yaang baik, dan kualitas produk “yang bagus akan menciptakan loyalitas konsumen, jadi semakin tinggi experiental marketing dan kualitas produk yang dimiliki maka akan meningkatkan loyalitas konsumen.Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.





.jpg)