Peran Kreasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus pengrajin handycraft di Kecamatan Brondong)

Yulie Wahyuningsih, Agus Arif Priyanto, Albet Nur Abidin

Abstract


Berbagai problematika ekonomi yang timbul di Indonesia, memicu kekreatifan sebagian masyarakat dalam berbisnis, guna menutupi kebutuhan harian. Dengan demikian, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran kreasi bisnis sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuanitatif yaitu dideskripsikan sebagai angka – angka dengan menggunakan data primer melalui langkah penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah para pelaku kreasi bisnis yang ada di Kecamatan Brondong Lamongan, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 responden, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara menggunakan metode kuantitatif, Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kreasi bisnis dengan jenis handycraft ini sangatlah berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agus, E. A. (2012). Kewirausahaan. 1, 33–42.

Azizah, S. N. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah ( Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta ). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(2), 63–78. ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia%0APengembangan

Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A. (2020). Manajemen Kewirausahaan. Deepublish.

Ernawati, S., & Kurniawati, U. (2020). Pengaruh Kreatifitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Steak House Noodles. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 112. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.399

Harmawati, E., Farida, U., & Santoso, A. (2022). Pengaruh Dukungan Rekan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 104–114. https://doi.org/10.24269/iso.v6i1.1134

Kepemimpinan, K., Kehidupan Berbangsa, D., Bernegara, D., & Yasa Wibawa, Y. (n.d.). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN DARI NKRI GUNA MENINGKATKAN.

Komunikasi, P., Fisik, K., Sugara, F., Adji, S., & Chamidah, S. (2020). Semangat Kerja Karyawan Ud . Sukri Dana Abadi Ponorogo. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 46–57.

Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.4096

Muis, A. R. C. (2019). Sustainable Competitive Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ms-oDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=info:KaGVTyNWY3gJ:scholar.google.com/&ots=NvfM4K9uR7&sig=XmHiivOq-BnudWYOIWigxV7pIdQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mulyani, S., Handayani, S. R., Nurlaela, S., Noviani, R., Arifah, S., & Rochmatullah, M. R. (2023). 8,9,10,11. 05(02), 1–7.

Pertanian, F., Udayana, U., Visual, D. K., Tinggi, S., & Bali, D. (n.d.). KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SUMBER INSPIRASI INOVASI.

Purba, R. (2020). Branding Kerajinan Dari Limbah Teh Rendy Handycraft. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 6(1), 56–66. https://doi.org/10.22303/proporsi.6.1.2020.56-66

Riswanto, A., Zafar, T. S., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., ... & Hikmah, A. N. (2023). EKONOMI KREATIF: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pWHjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=info:hpFv4gQ77N0J:scholar.google.com/&ots=4vN_s9AnYC&sig=LGKkmZ0mmrCG2pKIyNf5YVKTswM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahbudi, M., & Ma, S. E. I. (2021). Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group.

Tomisa, M. E., & Syafitri, M. (2020). Pengaruh Badan Usaha Milik Desa Terhadap Pendapatan Asli Di Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 91–101. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.219

Tri prasetya, B. V., Farida, U., & Wijianto, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Olahraga (Studi Kasus Konsumen Tukol Sport Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 156–169. https://doi.org/10.24269/iso.v7i1.2031

Triayudi, A., Mesran, Suginam, Afriany, J., & Nugroho, F. (2023). Pengaruh Penerapan Digital Marketing Untuk Peningkatan Pendapatan UMKM Sekar Handycraft. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124–127. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i2.1349

Widodo, Z. D., Umiyati, H., Andriansyah, T. M., & Yudawisastra, H. G. (2022). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil.




DOI: https://doi.org/10.24269/iso.v8i1.2281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License