Analisa Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Transformasi Digital UMKM Kota Dumai SKR dan Syauqi (Studi Perbandingan)

Siti Aisyah(1*), Mustafa Kamal Rokan(2), Fernanda Putri(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v7i2.2294


Abstract


Penelitian ini bermaksud melihat proses transformasi digital, faktor yang mempengaruhi, faktor penghambat proses, dan upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan transformasi digital pada umkm Kota Dumai yaitu SKR dan Syauqi. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis komparatif deskriptif, dengan wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian menitikberatkan pada dua narasumber umkm Kota Dumai yaitu SKR dan Syauqi, memanfaatkan metode berpikir induktif sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian menggambarkan proses penerapan transformasi digital pada kedua UMKM yaitu SKR dan Syauqi sudah menggunakan media sosial misalnya facebook, instagram juga tiktok. Dengan penjualan digital yang menggunakan qris, transfer antar bank maupun debit. Tetapi Syaudi lebih unggul dibandingkan SKR karna menggunakan mesin kasir berupa teknologi sementara SKR masi manual. Penerapan transformasi digital melalui beberapa faktor sangat mempengaruhi dalam transformasi digital. Dibutuhkan SDM untuk mengelola TI, membutuhkan strategi TI untuk dapat bersaing dan kepemimpinan untuk memutuskan beralih menggunakan transformasi digital. faktor penghambat proses penerapan transformasi digital kedua UMKM SKR dan Syauqi yaitu fakor manusia. Dimana sulit mencari SDM yang paham tentang TI yang berkembang saat ini. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan proses transformasi digital dengan sering mengikuti pelatihan atau webinar yang diselenggarakan beberapa komunitas untuk mendukung UMKM go modern.

Kata Kunci: Proses Transformasi Digital, Faktor Perkembangan Teknologi, Faktor Manusia Faktor TI Hingga Strategi Bisnis, Faktor Kepemimpinan Digital, Faktor Penghambat, Upaya Menghadapi Hambatan.


Full Text:

References


  1. Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  2. Annur, C. M. (2022). Mayoritas Pelaku Usaha E-Commerce RI Jual Makanan dan Minuman. Databoks.https://databoks.katadata.co.id/index.php/datapublish/2022/12/19/mayoritas-pelaku-usaha-e-commerce-ri-jual-makanan-dan-minuman
  3. Annur, C. M. (2023). Indonesia Pasar Online Food Delivery Terbesar di ASEAN. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/19/indonesia-pasar-online-food-delivery-terbesar-di-asean
  4. Astuty, K., Sudarsono, A., Tambunan, D. R., & ... (2022). Pelatihan Penerapan Transformasi Digital Pada Usaha UMKM Briket Tempurung AL2 Bengkulu. Jurnal Dehasen …, 1(1), https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/view/2189%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/jdm/article/download/2189/1704
  5. Dharma, B., Fadillah, P. I., & Safira, R. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Dan Branding Terhadap Pendapatan Penjualan Pelaku Bisnis UMKM. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 3746–3762.
  6. Doni. (2022). Kominfo Lanjutkan Lima Program Prioritas di 2023. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/44678/kominfo-lanjutkan-lima-program-prioritas-di-2023/0/artikel
  7. Fred, David R. David, F. (2016). Manajemen strategik : suatu pendekatan keunggulan bersainhg. Konsep. salemba empat. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20512937&lokasi=lokal
  8. H, S. (2021). Teknologi Informasi Bagi Umkm Di Indonesia. Binus University. https://bbs.binus.ac.id/ibm/2019/03/teknologi-informasi-bagi-umkm-di-indonesia/
  9. Hadiyono et al ., 2021. (2021). Artikel Transformasi Digital. July.
  10. Harjanti, R. S. (2022). Analisis Manajemen Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerupuk Lemi Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6 (2), 194–201. https://doi.org/10.24269/iso.v6i2.1327
  11. Hermawan, I (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatifdan Mixed Method). Hidayatul Quran
  12. Kurniawan, R., Rosyida, A., & Sudyantara, S. C. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Digitalisasi Pada Manajemen Usaha Bagi Pelaku Umkm Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1051–1064.
  13. Kwon, Eun Hee, & Park, Min Jae. (2017). Critical Factors on Firm's Digital Transformation Capacity: Empirical Evidence from Korea. International Journal of Applied Engineering Research 12(22), 12585-12596. Diterima dari Research India Publication
  14. Luthfiansyah, M. R. (2020). Study Of Identification Of The Inhibiting Factors Of Digital Transformation In Micro Small And Medium Enterprise (Case Study on Proshop and Wellborn). E-Proceeding of Management :, 7(2), 5652–5659.
  15. M. Danuri. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2), 116–123.
  16. Maryati, S., & Siregar, M. I. (2022). Kepemimpinan Digital dalam meningkatkan kinerja organisasi peran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Owner, 6(4), 3616–3624. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1176
  17. Nurbaiti, N. (2022). Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Journal Article. https://www.mendeley.com/catalogue/c9d6e2a8-e11b-33a9-bb83-b9fb2ae4a342/
  18. Pudjadi, T., Jaya, A., Kiranal, D. A., & Rahadian, R. (2013). Strategi Bisnis Teknologi Informasi pada Perusahaan Hitachi, Ltd. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 1122. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2555
  19. Putu, N., Andini, L. S., Kabupaten Buleleng, A., & Bali, P. (2022). Implementasi Program Transformasi Digital Dalam Mendorong Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Buleleng. 1–11.
  20. Safitry, E. S. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan metode full costing. Universitas Islam Negeri Malik Muhammad Ibrahim, ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 227–237
  21. Sopiah, A. (2022). RI Menuju Kiamat Uang Kertas, Buktinya Ada di Sepanjang 2022! CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221230180214-37-401635/ri-menuju-kiamat-uang-kertas-buktinya-ada-di-sepanjang-2022
  22. Tasa haulika, D. T. (2019). Studi Identifikasi Faktor-Faktor Transformasi Digital Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero). 6(2), 2019–2020.
  23. Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis Setyaningsih Sri Utami Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Akuntasi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61–67.
  24. Wahid, F., & Iswari, L. (2007). Adopsi Teknologi Informasi Oleh Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2007(Snati), 75–79.
  25. Yunus, 2016. (n.d.). Manejemen Strategi. Yogyakarta: Penerbit Andi hal: 83-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.