Determinan terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee pada Mahasiswa Univesitas Islam Jakarta

Ratih Ayu Sekarini(1*), Edi Suhara(2), H. Fikriah(3), Salsiyatuz Zahrah(4)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v8i1.2357


Abstract


Studi ini mempunyai tujuan guna memahami dan menganalisis Online customer review, Online Customer rating, dan Layanan Cash On Delivery atas keputusan pembelian pada marketplace shopee secara parsial ataupun simultan. Populasi pada studi ini ialah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen yang berbelanja di marketplace shopee. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebar kuesioner pada 100 responden. Analisis  data yang dipakai ialah statistik deskriptif kuantitatif  dan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3.0. Perolehan studi ini adalah adanya pengaruh terhadap online customer review, online customer rating, dan layanan cash on delivery secara parsial maupun simultan atas keputusan pembelian. Dengan nilai r squarenya 0,824 dinyatakan memiliki nilai yang tinggi, yang berarti 82,4 % variabel online customer review, customer rating dan layanan cash on delivery berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 17,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya


Full Text:

References


  1. Arbaini, P. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897
  2. Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia. 89–98.
  3. Ayu Sekarini, R., Agustin Widyaningsih, Lisa Putri Khairani, & M Arya Dirgantara. (2023). Factors Affecting Employee Performance at the Ministry of Health Republic of Indonesia. International Journal of Integrative Sciences, 2(7), 1149–1160. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i7.5163
  4. Farhani, H., Raihan, R., & Sekarini, R. A. (2022). Pola Konsumsi Generasi Milenial Dalam Belanja Online (E-Commerce) Pada Masa Pandemic Covid 19. Kinerja, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.34005/kinerja.v4i1.1700
  5. Hajati, D. I. (2022). Pengaruh Layanan Cash On Delivery, Online Consumer Rating dan Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 141–151. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1092
  6. Imamah, N., & Setyono, J. (2023). Determinan Minat Beli Kosmetik Halal Brand Lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 215–228. https://doi.org/10.24269/iso.v7i2.1941
  7. Mayangsari, M., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi dan Layanan COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 498. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.592
  8. Pratama, Y. E., & Istiqomah, S. (2019). 665-2735-1-Pb. Edunomika, 03(02), 445–453.
  9. Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis , Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
  10. Putri, M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Lazada Di Kecamatan Ribio Jaya. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 5(1), 2018–2021.
  11. Ratih Ayu Sekarini, Wiwin, & Hilma Farhani. (2023). Pengaruh Promosi, Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 24(3), 920–930. https://doi.org/10.35137/jei.v24i3.220
  12. Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927–944. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1179
  13. Sekarini, R. A., Farhani, H., & Wiwin, W. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Aplikasi Belanja Online (E-Commerce) Lazada pada Mahasiswa di Jakarta. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.983
  14. Wahyuningsih, Y., Sari, F. P., Wulandari, N. A., & Deviani, E. S. (2023). Peran Media Sosial terhadap Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan. 7(2), 268–282.
  15. Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.