Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Mewah: Pembuktikan dari PT. Superhelindo Jaya, Yogyakarta

Rudi Hartono(1*), Fitroh Adhilla(2), Purwoko Purwoko(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v8i2.2928


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran pada barang mewah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Superhelindo Jaya Yogyakarta dalam meningkatkan penjualan produk lift. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara. Wawancara dilakukan dengan 11 informan, yang terdiri dari Branch Manager, Product Development Manager, Marketing Manager, Finance Manager, Staff Marketing, HRD, tiga orang pelanggan, satu orang konsultan, dan satu orang kontraktor. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Superhelindo Jaya telah secara efektif menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari segi produk, perusahaan menawarkan elevator dan eskalator dengan teknologi terbaru dan desain yang inovatif. Strategi penetapan harga yang dinamis memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan harga sesuai dengan elastisitas permintaan pasar lokal. Jaringan distribusi yang luas memperkuat kehadiran merek di pasar melalui saluran distribusi yang efektif. Selain itu, promosi melalui seminar dan lokakarya meningkatkan pengetahuan pelanggan dan memperkuat citra merek produk PT Superhelindo Jaya.


Keywords


Marketing strategy; Product sales; Luxury Products; PT Superhelindo Jaya; Marketing mix.

Full Text:

References


  1. Akroush, M. N. (2011). The 7Ps Classification of the Services Marketing Mix Revisited : An Empirical Assessment of their Generalisability , Applicability and Effect on Performance - Evidence from Jordan ’ s Services Organisations. Jordan Journal of Business Administration, 7(1), 116–147.
  2. Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
  3. Assauri, S. (2017). Manajemen pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Rajawali Perss.
  4. Bowersox, D. J., Closs, D. J., & Cooper, M. B. (2013). Supply Chain Logistics Management. McGraw-Hill Education.
  5. Camilleri, M. A. (2018). Market Segmentation, Targeting and Positioning. In Travel Marketing, Tourism Economics and the Airline Product: An Introduction to Theory and Practice (pp. 69–83). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-49849-2_4
  6. Cox, T., & Blake, S. (1991). Managing cultural diversity: Implications for organizational competitiveness. The Executive, 5(3), 45–56.
  7. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications Ltd.
  8. Deming, W. E. (2020). The New Economics for Industry, Government, Education. MIT Center for Advanced Educational Services.
  9. Farida, I., & Setiawan, D. (2022). Business Strategies and Competitive Advantage: The Role of Performance and Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 163–173. https://doi.org/10.3390/joitmc8030163
  10. Heizer, J., & Render, B. (2014). Operations Management. Pearson.
  11. Herdiana, N. (2014). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Pustaka Setia.
  12. Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
  13. Indriani, A., & Setyarko, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elevator Pada PT Louserindo Megah Permai Jakarta Selatan. Financial Marketing Operational Human Resources, 2(1), 1–9.
  14. Kahn, W. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work. Academy of Management Journal, 33(4), 692–724.
  15. Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson Education Limited.
  16. Kertajaya, H. (2002). Hermawan Kertajaya in Marketing. Gramedia Pustaka.
  17. Kotler, P. (2019). The market for transformation. Journal of Marketing Management, 35(5–6), 407–409. https://doi.org/10.1080/0267257X.2019.1585713
  18. Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. Pearson Pretice Hall.
  19. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871
  20. Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
  21. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson Education Limited.
  22. Mankiw, N. G. (2018). Principles of Economics. Cengage Learning.
  23. Nadiroh, L., Rapini, T., & Farida, U. (2018). Analysis of Pricing Strategy and Product Innovation In Increasing Sales (Case Study On Dymas Kulit Magetan). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 78–84.
  24. Nasikin, M., Pudail, M., Purwanto, P., & Fitriyani, Y. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Kedai Madu Tawon Mr . Ipin Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Kepuasan Kosumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 294–300.
  25. Palmatier, R. W., & Crecelius, A. T. (2019). The “first principles” of marketing strategy. AMS Review, 9(1–2), 5–26. https://doi.org/10.1007/s13162-019-00134-y
  26. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retaiiling, 64(1), 12–40.
  27. Rahmawati, A., & Suryadi, L. (2018). Aplikasi Penjualan dan Pembelian Sparepart Elevator Pada Pt Fadilat Elevator Rekatama. Jurnal IDEALIS, 1(2), 286–293.
  28. Rifai, D., Astriyani, E., & Indria, U. (2018). Pembuatan Video Company Profile Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada PT. Daiichi Elevator Indonesia. Technomedia Journal, 3(1), 98–109. https://doi.org/10.33050/tmj.v3i1.384
  29. Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublis.
  30. Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
  31. Smith, V., Devane, D., Begley, C. M., Clarke, M., Penelitian, B. M., Surahman, Rachmat, M., Supardi, S., Saputra, R., Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, Martinus Budiantara, Sastroasmoro, S., Çelik, A., Yaman, H., Turan, S., Kara, A., Kara, F., … Hastono, S. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.
  32. Sudirjo, F. (2023). Marketing Strategy in Improving Product Competitiveness in the Global Market. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), 63–69. https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.24
  33. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R and D. Alfabeta.
  34. Superhelindo.co.id. (2021). Sekilas Tentang Superhelindo.
  35. Swasta, B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
  36. Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Andi.
  37. Tuominen, S., Reijonen, H., Nagy, G., Buratti, A., & Laukkanen, T. (2023). Customer-centric strategy driving innovativeness and business growth in international markets. International Marketing Review, 40(3), 479–496. https://doi.org/10.1108/IMR-09-2020-0215
  38. Valdani, E., & Arbore, A. (2015). Marketing Strategies. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (pp. 555–558). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.73026-1
  39. Wahyuningsih, Y., Sari, F. P., Wulandari, N. A., Wulandari, N. A., Deviani, E. S., & Deviani, E. S. (2023). Peran Media Sosial terhadap Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintama Makmur Paciran Lamongan. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 268–282. https://doi.org/10.24269/iso.v7i2.2283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.