Pengaruh Persepsi Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Penumpang Menggunakan Maskapai Sriwijaya Air
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v4i2.450Abstract
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan penumpang menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Penelitian ini dilakukan kepada penumpang Sriwijaya Air di Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa pelayanan maskapai Sriwijaya Air. Metode penelitian yang digunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 100. Untuk mendapatkan data dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada responden yaitu penumpang Sriwijaya Air di Yogyakarta tentang harga, pelayanan dan keputusan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistik SPSS release 16.0 for windows.Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpangsebesar 0,003, sedangkan variabel pelayanan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan penumpang sebesar 0,327 dalam menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Variabel harga dan pelayanan mampu menjelaskan variabel keputusan penumpang sebesar 59,5% dan sisanya 40,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci:Â Harga, Pelayanan, Keputusan.
References
A Nurul, F., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.†Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal Of Theory And Applied Management, 10(1), 1. Https://Doi.Org/10.20473/Jmtt.V10i1.5134
Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. Usu Press.
Handoyo, S. (2011). Aviapedia : Ensiklopedia Umum Penerbangan. Pt. Kompas Media Nusantara.
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Masiruw, C. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Di Kota Manado. Https://Www.Coursehero.Com/File/50969067/2764-Id-Pengaruh-Kualitas-Layanan-Dan-Citra-Merek-Terhadap-Keputusan-Pembelian-Mobil-Toypdf/ Diakses Tanggal 10 Maret 2020
Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers Unisbank, Isbn: 9-789-7936-499-93, 755–762. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/172666-Id-Kualitas-Produk-Citra-Merek-Persepsi-Har.Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 60–69. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i1.35
Nismawati. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Makassar Dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Intervening. 10(2), 1–15. Http://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/12773/1/Analisis Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan.Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
Prasetia, B. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan Adi Santoso. 8(9), 1–58. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.
Rahmawati, K. N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedaibangsawan Klaten. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/54057/1/Tugas Akhir Skripsi_Kartika Nur Rahmawati_13511241028.Pdf. Diakses Tanggal 10 Maret 2020
Rohmah, S. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perhiasan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 5. Https://Studylibid.Com/Doc/1355748/Pengaruh-Citra-Merek--Kualitas-Produk--Dan-Layanan-Terhadap Diakses Tanggal 10 Maret 2020
Rosyid, A. N., W, H. D., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revo ( Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Revo Astra Motor Kebumen ). Diponegoro Journal Of Social And Politic.
Samosir, C. B. H., & Prayoga K, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–13. Https://Doi.Org/10.22441/Jimb.V1i3.570
Sari, R. D. K., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Cv . Mega Jaya Mebel Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 1, 1–13. Http://Eprints.Undip.Ac.Id/35854/1/Jurnal_--_Ratna_Dwi_Kartika_Sari_(C2a008232).Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, Issn: 2252-6226, 5(2), 128–147. Http://Journal.Budiluhur.Ac.Id/Index.Php/Ema/Article/View/329/273 Diakses Tanggal 11 Maret 2020
Soelistio, Y. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia Di Universitas Negeri Yogyakarta). Https://Eprints.Uny.Ac.Id/39088/1/Yuwansoelistio_11408144075.Pdf Diakses Tanggal 6 Maret 2020
Trisnawati, N., & Pangestika, A. W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Mayoutfit Cabang Bekasi. Ikraith Ekonomika, Volume1(2). Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/267987-Pengaruh-Kualitas-Produk-Citra-Merek-Dan-2309fe11.Pdf Diakses Tanggal 10 Maret 2020
Utama, P. W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Rown Division Kota Surakarta Naskah. 2002(1), 35–40. Https://Doi.Org/10.1109/Ciced.2018.8592188
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.





.jpg)