ANALISIS PERBANDINGAN BRAND EQUITY PRODUK JILBAB ANTARA MEREK RABBANI DENGAN MEREK ZOYA PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Nafiah Nur Jamilah, Titi Rapini, Hadi Sumarsono

Abstract


Perkembangan zaman saat ini, persaingan di pasaran semakin meningkat. Oleh sebab itu peran pemasaran di pasar semakin meningkat pula dan peran brand menjadi semakin penting. Dengan begitu, brand bukanlah sekedar identitas suatu produk namun brand diciptakan produsen untuk memiliki ikatan emosional yang istimewa untuk diberikan kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan ekuitas merek (brand equity) beserta elemen-elemennya antara produk jilbab merek Rabbani dengan merek Zoya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang didistribusikan kepada 97 responden. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan yaitu uji beda paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis yang diuji menunjukkan bahwa dari tiga variabel terdapat dua dimensi yaitu brand awareness dan perceived quality yang menyatakan terdapat perbedaan pada produk jilbab antara merek Rabbani dengan merek Zoya dan satu dimensi menyatakan tidak terdapat perbedaan yaitu brand association.

Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v1i1.46

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/iso.v1i1.46.g31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.