Pengaruh CSR dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2018

Bobby Julianto(1*), Liya Megawati(2)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v4i2.464


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui CSR Kebijakan deviden dan nilai perusahaan serta menguji dan menganalisis pengaruh CSR dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan bumn yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2018. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018 sebanyak 20 perusahaan. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 8 perusahaan BUMN. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara bersamaan variable CSR dan kebijakan deviden berpengaruh positif dan signifikan terhdap nilai perusahaan. Secara parsial, CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan deviden tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Model regresi diperoleh Adjust R square sebesar 0,218 artinya 21,8% nilai perusahaan dipengaruhi oleh kedua variable tersebut, sedangkan 78,2 % nilai perusahaan dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: CSR, Kebijakan dividen, Nilai perusahaan.


Full Text:

References


  1. Afif, A. (2019). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Properti, Real Estate Dan Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2012-2017).
  2. Aufa, Y. Q. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (csr) sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016).
  3. Dewi, P. R. A., & Putri, I. G. A. . A. D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR dan Good Corporate Governance sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21, 173–199.
  4. Ghozali, I. 2017. Intellectual Capital "Model Pengukuran, Franework Pengungkapan dan Kinerja Organisasi (Ke-3). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, ISBN: 978-979-796-157-2.
  5. Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Ke-9). Semarang: UNDIP, ISBN: 979-704-015-1.
  6. Gumanti, Tatang A. 2013. Kebijakan Dividen "Teori, Empiris dan Implikasi (Ke-1). Yogyakarta: UPP STIM YKPN, ISBN: 978-979-3532-72-1.
  7. Heripson. 2018. Buku ajar manajemen keuangan (financial management) (Revisi). Riau: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru. Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/328825174
  8. Indrarini, S. 2019. Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Corporate & Kebijakan Perusahaan). (N. Azizah, Ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka, ISBN: 978-623-92332-9-7.
  9. Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6.
  10. Mardikanto, Totok. 2018. Corporate Social Responbility"Tanggungjawab Sosial Korporasi" (Ke-2). Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-602-289-063-8.
  11. Novitasari, D., & Aris, M. A. (2019). Pengaruh Corporate Social Responbility, Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017), 537–546.
  12. Noviyani, I. (2018). Pengaruh Profitabiitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Denngan Corporate Social Responbility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016), 2018.
  13. Pasaribu, & Yanti, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility , Profitabilitas , dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/891
  14. Rachman, N. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Pada Tahun 2011-2015.
  15. Rasyid, F. A., & Yuliandhari, W. S. (2018). Pengaruh Biaya Corporate Social Responbility dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016 ). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 4, 1137–1148.
  16. Safitri, L. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015).
  17. Said, A. L. 2018. Corporate Social Responbility dalam Persepektif Governance. (Sarmadan, Ed.). Sleman: Deepublish, ISBN: 978-602-453-869-9.
  18. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. (Setiyawami, Ed.) (Ke-1). Bandung: Alfabeta, ISBN: 978-602-289-373-8.
  19. Sukamulja, Sukmawati. 2019. Analisa Laporan Keuangan. edited by Fauzia. Yogyakakarta: Andi.
  20. Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi (Ke-9). Yogyakarta: Ekonisia, ISBN: 978-979-9015-785.
  21. Umam, A. C., & Hartono, U. (2019). Firm size , Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, GCG, CSR, dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Finance di Bursa Efek Indonesia). Ilmu Manajemen, 7, 642–654.
  22. Utomo, N. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 5(1), 82–94.
  23. Yusuf, M. Y. 2017. Islamic Corporate Social Responbility (I-CSR). (S. Sarah, Ed.) (Ke-1). Depok: Kencana, ISBN: 978-979-9015-785.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.