PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Ria Kristianawati, Khusnatul Zulfa Wafirotin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji :  1)  Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi,  2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, 3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, 4) Pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Akuntansi S-1 angkatan 2012 dan 2013. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode Total Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa jurusan Akuntansi S-1 angkatan 2012 dan 2013. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, regresi linier berganda, pengujian hipotesis.

Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji kualitas data yang digunakan pada penelitian ini uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi  uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan spiritual tidak berpengauh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahama akuntansi.

Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v1i1.47

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/iso.v1i1.47.g32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.