ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk. UNIT MLARAK KANTOR CABANG PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v1i1.49Abstract
Penelitian ini dilakukan karena jumlah oustanding simpanan di BRI Unit Mlarak yang cenderung menurun setiap tahunnya. Wilayah Kecamatan Mlarak yang luas serta unit terdekat dengan berbagai Pondok Modern seharusnya bisa meningkatkan angka simpanan di BRI Unit Mlarak. Selain itu jumlah rekening pasif yang kian meningkat juga membuktikan kurangnya tingkat loyalitas pada nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Penelitian memiliki tujuan yakni mengetahui pengaruh customer relationship marketing dan service quality terhadap loyalitas nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian dibuktikan dari nilai thitung  variabel X1 sebesar 2,218 > nilai ttabel (uji dua arah yakni sebesar 1,9847 yang menyimpulkan variabel X1 berperngaruh terhadap variabel Y. Hasil penelitian variabel X2 membuktikan nilai thitungsebesar 3,805 >nilai ttabel sebesar 1,98472, hal ini membuktikan bahwa variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Hasil uji f membuktikan secara serempak variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y, diketahui dari nilai fhitung sebesar 13,505 > nilai ftabel sebesar 3,09. Serta diketahui persamaan Y = 3,397 + 0,179X1 + 0,340X2 + e . Variabel yang dominan adalah service quality dengan nilai koefisien paling besar.Downloads
Published
2018-02-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.