Mengeksplorasi Islamic Value Disclosure pada Website Islamic Financial Technology

Tri Wahyu Oktavendi(1*)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v5i2.787


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengungkapan Islmic Value di website perusahaan Islamic Financial Technology. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website I-Fintech. Objek penelitiannya adalah I-Fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, yaitu dengan memberikan skor untuk setiap item Islamic Value yang diungkapkan berdasarkan teknik kode numerik enam arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Islamic Value rendah pada Website I-Fintech adalah baik. Hal ini menunjukkan masih rendahnya kepedulian perusahaan berbasis I-Fintech dalam mengungkapkan Islamic Value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya model pengungkapan Islamic Value yang sesuai dengan model I-Fintech. Regulasi tentang pengungkapan Islamic Value dan penerapannya perlu dibentuk untuk menjadikan I-Fintech tidak hanya berorientasi terhadap materialisme, namun juga penerapan Islamic Value.

Kata Kunci: Indeks Pengungkapan Nilai-Nilai Islam, Fintech Islami, Analisis Isi.

 


Full Text:

References


  1. Albassam, W. M., & Ntim, C. G. (2017). The effect of Islamic values on voluntary corporate governance disclosure. Journal of Islamic Accounting and Business Research.
  2. Arwani, M. (2011). Peran Karakteristik Individu sebagai Moderatoe Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas (studi pada nasabah bank syariah di Kabupaten Kudus). Jurnal Sosial Budaya, 4(2), 159-170.
  3. Avisha, A., Charina, A., Noor, T. I., & Mukti, G. W. (2019). CROWDFUNDING SEBAGAI AKSES ALTERNATIF PERMODALAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA KEGIATAN PERTANIAN (STUDI KASUS DI PT CROWDE MEMBANGUN BANGSA). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 5(1), 1-22.
  4. Awwaludin, M. S., & Suprayogi, N. (2020). Perbandingan Pengungkapan Nilai-nilai Islam Pada Laporan Tahunan Bank Syariah Di Indonesia Dan Malaysia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(1), 141-150.
  5. Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENYALURKAN DONASI MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING BERBASIS ONLINE. JURNAL SYARIKAH: JURNAL EKONOMI ISLAM, 5(1).
  6. Dewi, C. P., & Meiranto, W. (2011). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2007-2009. Universitas Diponegoro.
  7. Fitriani, H. (2018). KONTRIBUSI FINTECH DALAM MENINGKATKAN KEUANGAN INKLUSIF PADA PERTANIAN (Studi Analisis Melalui Pendekatan Keuangan Syariah Dengan Situs Peer To Peer Lending Pada Pertanian Di Indonesia). El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), 1-26.
  8. Freeman, R. E. (1994). The politics of stakeholder theory: Some future directions. Business ethics quarterly, 409-421.
  9. Freeman, R. E., & Reed, D. L. (1983). Stockholders and stakeholders: A new perspective on corporate governance. California management review, 25(3), 88-106.
  10. Guthrie, J., & Parker, L. D. (1989). Corporate social reporting: a rebuttal of legitimacy theory. Accounting and business research, 19(76), 343-352.
  11. Harahap, S. S. (2003). The disclosure of Islamic values–annual report. The analysis of Bank Muamalat Indonesia’s annual report. Managerial Finance.
  12. Pradana, Y. A., & Rikumahu, B. (2014). Penerapan Manajemen Risiko terhadap Perwujudan Good Corporate Governance pada Perusahaan Asuransi. Trikonomika, 13(2), 195-204.
  13. Putra, R., & Wijayanti, R. R. (2020). Islamic Values in the Annual Report to Create Sharia Value Added. Journal of Accounting and Investment, 1(1).
  14. Putri, L. I. A. T., & Pratama, B. C. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Komisaris Independen dan Konsentrasi Kepemilikan terhadap Pengungkapan Modal Intelektual (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Listing di BEI Tahun 2016-2017). RATIO: Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia, 1(1).
  15. Rumondang, A. (2018). The Utilization of Fintech (P2P Landing) as SME’s Capital Solution in Indonesia: Perspective in Islamic Economics (Qirad). Paper presented at the International Conference of Moslem Society.
  16. Syafitri, T., Nuzula, N. F., & Nurlaily, F. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan industri sub sektor logam dan Sejenisnya yang terdaftar di bei periode 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 110-117.
  17. Tho’in, M. (2016). Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada BNI Syariah Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03).
  18. Ulum, I. (2017). INTELLECTUAL CAPITAL: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan& Kinerja Organisasi: UMMPress.
  19. Violita, E. S., Syahroza, A., & Nasution, M. E. (2014). Peran mediasi institusional budaya terhadap hubungan nilai budaya dan pengungkapan nilai Islam. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 11(2), 200-221.
  20. Waluyo, A. (2016). Kepatuhan Bank Syariah Terhadap Fatwa Dewan Syariah Nasional Pasca Transformasi Ke Dalam Hukum Positif. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 517-538.
  21. Zain, F. A. M., Abdullah, W. A. W., & Percy, M. (2021). Voluntary adoption of AAOIFI disclosure standards for takaful operators: the role of governance. Journal of Islamic Accounting and Business Research.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.