Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan Kidung di Kecamatan Sukorejo

Ika Silvia Devy, Titi Rapini

Abstract


Objek penelitian ini dilakukan pada CV. Kidung yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan konveksi. CV. Kidung banyak menyerap tenaga kerja yang secara tidak langsung mampu membantu negara dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Berdasarkan data neraca keuangan CV. Kidung Konveksi seperti yang telah terlampir pada halaman 77 menunjukkan hasil perbandingan angka antar aktiva dan pasiva yang mengalami pertambahan, terkecuali pada sisi hutang jangka panjang yang mengalami penurunan, dimana pada tahun 2018 jumlah hutang jangka pendek CV. Kidung Konveksi adalah sebesar Rp.295.749.250 meningkat pada tahun 2019 menjadi sebesar Rp. 320.609.250. Hal yang sama dialami pula pada tahun 2020 mengalami penigkatan yang cukup besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 386.000.000. Dilihat dari laporan keuangan yang mendasar pada data neraca dan laporan laba rugi Cv. Kidung Konveksi menunjukkan bahwa data rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas dengan nilai yang stagnan, rasio solvabilitas mengalami penurunan, dan rasio profitabilitas juga tidak mengalami pertumbuhan. Permasalahan yang terjadi pada CV. Kidung ini dimana keadaan rasio solvabilitas yang mengalami penurunan namun rasio profitabilitas disini tidak mengalami peningkatan dan bisa dikatakan stabil setiap tahunnya. Hal ini diasumsikan bahwa adanya permasalahan yang terjadi di CV. Kidung tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan Perusahaan Kidung Konveksi melalui rasio keuangan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan wawancara  untuk mengatahui mengenai gambaran umum perusahaan, sedangkan data primer digunakan untuk mengumpulkan data laporan keuangan Perusahaan Kidung dari tahun 2018-2020. Sampel pada penelitian ini adalah laporan keuangan Perusahaan Kidung Konveksi yang telah diterbitkan pada tahun 2018-2020.Pengukuran kinerja pada penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan, berupa rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas. Hasil penelitian pada Perusahaan Kidung diketahui bahwa rasio likuiditas secara keseluruhan mengalami penurunan, pada rasio solvabilitas mengalami penurunan, sedangkan pada rasio profitabilitas secara keseluruhan tidak mengalami perkembangan, dan pada rasio aktivitas mengalami penurunan.

Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Laporan Keuangan, Rasio Keuangan


References


Brigham, E. &. (2001). Manajemen Keuangan, Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan : Panduan Bagi Akademisi, Manajer, Dan Investor Untuk Menilai Dan Menganalisis Bisnis Dari Aspek Keuangan.

Harahap, M. (2018). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS SEBAGAI ALAT PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. PRODIA WIDYAHUSADA TBK.

Pongoh, M. (2013, September 3). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. BUMI RESOUCES TBK. 1(2303-1174).

Samryn, L. M. (2012). Akuntansi Manajemen : Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Scott, D. W. (2015). Multivariate Density Estimation : Theory, Practice, And Visualization. John Willey & Suns.

Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v5i2.788

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.788.g549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.