Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.792Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja guru di SMA Negri 3 Ponorogo melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada lokasi penelitian SMA Negri 3 Ponorogo dengan populasi 62 guru dan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh dalam pengambilan sampel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kinerja, adanya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kepuasan kerja, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja secara positif dan signifikan, serta adanya pegaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja secara simultan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Kinerja, Kepuasan Kerja.
References
Alfany, N. L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Sidoarjo. 5(2005).
Ariesta, I. C. N. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Organizational Citizenship Behavior ( OCB ) Terhadap Kinerja Peternak Ayam Ras Pedaging. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, 2(2), 121–140. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i2.1098
Ashar, M. K., Mujanah, S., & Murgianto. (2019). Pengaruh Kompetensi, Dukungan Organisasi, Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Yayasan Pendidikan Cendekia Utama Surabaya. 04(01), 16–29.
Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2015). Organizational Behavior (4th ed.). McGraw-Hill Education.
Farida, U. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia 1. Unmuh Ponorogo Press.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher ( Pedagogical , Personality , Professional Competence and Social ) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4, 1–12.
Kessler, R. (2011). Competency Based Performance Reviews (terjemahan bahasa Indonesia). PPM.
Mandala, E. A., & Dihan, F. N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Pada Kepuasan Kerja yang Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan PT . Madu Baru Bantul Yogyakarta. Jurnal Kajian Bisnis, 26(1), 13–28.
Mangkunegara, A. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. PT Refika Aditama.
Prasantyo, G. R. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. 5(2), 1–8.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. CV. Alfabeta.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.
Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitas, kualitas dan R&D. CV Alfabeta.
Supriyadi, E. (2014). SPSS+Amos. Penerbit IN MEDIA.
Ula, N. W. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan Divisi Produksi PT. IKSG. 8, 376–384.
Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.