Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening

Isnaini Rahayu Mahmudah(1*), Umi Farida(2), Siti Chamidah(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v5i2.792


Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja guru di SMA Negri 3 Ponorogo melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada lokasi penelitian SMA Negri 3 Ponorogo dengan populasi 62 guru dan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh dalam pengambilan sampel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kinerja, adanya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kepuasan kerja, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja secara positif dan signifikan, serta adanya pegaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja secara simultan.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Kinerja, Kepuasan Kerja.


Full Text:

References


  1. Alfany, N. L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Sidoarjo. 5(2005).
  2. Ariesta, I. C. N. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Organizational Citizenship Behavior ( OCB ) Terhadap Kinerja Peternak Ayam Ras Pedaging. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, 2(2), 121–140. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i2.1098
  3. Ashar, M. K., Mujanah, S., & Murgianto. (2019). Pengaruh Kompetensi, Dukungan Organisasi, Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Yayasan Pendidikan Cendekia Utama Surabaya. 04(01), 16–29.
  4. Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2015). Organizational Behavior (4th ed.). McGraw-Hill Education.
  5. Farida, U. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia 1. Unmuh Ponorogo Press.
  6. Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.
  7. Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher ( Pedagogical , Personality , Professional Competence and Social ) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4, 1–12.
  8. Kessler, R. (2011). Competency Based Performance Reviews (terjemahan bahasa Indonesia). PPM.
  9. Mandala, E. A., & Dihan, F. N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Pada Kepuasan Kerja yang Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan PT . Madu Baru Bantul Yogyakarta. Jurnal Kajian Bisnis, 26(1), 13–28.
  10. Mangkunegara, A. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. PT Refika Aditama.
  11. Prasantyo, G. R. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. 5(2), 1–8.
  12. Priansa, D. J. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. CV. Alfabeta.
  13. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.
  14. Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
  15. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitas, kualitas dan R&D. CV Alfabeta.
  16. Supriyadi, E. (2014). SPSS+Amos. Penerbit IN MEDIA.
  17. Ula, N. W. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan Divisi Produksi PT. IKSG. 8, 376–384.
  18. Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.