Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Data, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Pengguna Tokopedia di Ponorogo)

Hasan Nursukma, Umi Farida, Wahna Widhianingrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian online melalui Tokopedia pada konsumen Tokopedia di Ponorogo. Sampel dalam penelitiamn ini yakni 96 responden. Tahapan pengujian yang digunakan meliputi uji instrumen, uji koefisiensi determinasi dan uji hipotesis. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian.

 

 


Full Text:

PDF

References


Asra, A. (2016). Metode penelitian survei / Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, Agus Purwoto ; editor, Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161451

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Rajawali Pers.

Baskara, I. P. (2012). Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial ( Social Networking Website ) ( Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang ). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, 2011, 1–15.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. //lib.stieputrabangsa.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6477&keywords=

iprice.co.id. (2020). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kenneth C. Laudon. (2016). Management Information System. Pearson India.

Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. . (2013). Principles of marketing. 469.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management 14e. Pearson Education Limited. In Pearson (Vol. 22). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live

Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.lazada.co.id). Solid State Ionics, 2(1), 1–10.

mediakonsumen.com. (2020). pelayanan penanganan keluhan di tokopedia dan ovo sangat buruk. https://mediakonsumen.com/2020/04/08/surat-pembaca/pelayanan-penanganan-keluhan-di-tokopedia-dan-ovo-sangat-buruk

Raman, Arasu., dan Viswanathan, A. (2011). IJCA - Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. https://www.ijcaonline.org/proceedings/winbis/number2/2053-200

Santoso Slamet. (2013). Statistika ekonomi plus aplikasi SPSS. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Zsq-ixQAAAAJ&citation_for_view=Zsq-ixQAAAAJ:XiSMed-E-HIC

Saputro, A. A., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaru Celebrity Endorsment, testimoni,dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop BLIBLI.COM. Agora, 5(1), 1–7. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5227

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. In Pearson Education.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046

Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Website. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–11.

tekno.kompas.com. (2020a). Data Pengguna Tokopedia Bocor, Cek Apakah Akun Anda Terdampak. https://tekno.kompas.com/read/2020/05/03/11580057/data-pengguna-tokopedia-bocor-cek-apakah-akun-anda-terdampak

tekno.kompas.com. (2020b). Tokopedia Gangguan, Pembayaran dan Transaksi Dilaporkan Bermasalah. https://tekno.kompas.com/read/2020/03/23/16385387/tokopedia-gangguan-pembayaran-dan-transaksi-dilaporkan-bermasalah

Tjiptono, F. (2016). Service, quality dan satisfaction 4 / Fandy Tjiptono, Ph.D., Gregorius Chandra. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161367

www.apjii.com. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/




DOI: https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License