Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Data, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Pengguna Tokopedia di Ponorogo)
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.795Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian online melalui Tokopedia pada konsumen Tokopedia di Ponorogo. Sampel dalam penelitiamn ini yakni 96 responden. Tahapan pengujian yang digunakan meliputi uji instrumen, uji koefisiensi determinasi dan uji hipotesis. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian.
Â
Â
References
Asra, A. (2016). Metode penelitian survei / Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, Agus Purwoto ; editor, Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161451
Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Rajawali Pers.
Baskara, I. P. (2012). Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial ( Social Networking Website ) ( Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang ). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, 2011, 1–15.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. //lib.stieputrabangsa.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6477&keywords=
iprice.co.id. (2020). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Kenneth C. Laudon. (2016). Management Information System. Pearson India.
Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. . (2013). Principles of marketing. 469.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management 14e. Pearson Education Limited. In Pearson (Vol. 22). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live
Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.lazada.co.id). Solid State Ionics, 2(1), 1–10.
mediakonsumen.com. (2020). pelayanan penanganan keluhan di tokopedia dan ovo sangat buruk. https://mediakonsumen.com/2020/04/08/surat-pembaca/pelayanan-penanganan-keluhan-di-tokopedia-dan-ovo-sangat-buruk
Raman, Arasu., dan Viswanathan, A. (2011). IJCA - Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. https://www.ijcaonline.org/proceedings/winbis/number2/2053-200
Santoso Slamet. (2013). Statistika ekonomi plus aplikasi SPSS. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Zsq-ixQAAAAJ&citation_for_view=Zsq-ixQAAAAJ:XiSMed-E-HIC
Saputro, A. A., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaru Celebrity Endorsment, testimoni,dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop BLIBLI.COM. Agora, 5(1), 1–7. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5227
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. In Pearson Education.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046
Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Website. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–11.
tekno.kompas.com. (2020a). Data Pengguna Tokopedia Bocor, Cek Apakah Akun Anda Terdampak. https://tekno.kompas.com/read/2020/05/03/11580057/data-pengguna-tokopedia-bocor-cek-apakah-akun-anda-terdampak
tekno.kompas.com. (2020b). Tokopedia Gangguan, Pembayaran dan Transaksi Dilaporkan Bermasalah. https://tekno.kompas.com/read/2020/03/23/16385387/tokopedia-gangguan-pembayaran-dan-transaksi-dilaporkan-bermasalah
Tjiptono, F. (2016). Service, quality dan satisfaction 4 / Fandy Tjiptono, Ph.D., Gregorius Chandra. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161367
www.apjii.com. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.