Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Data, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Pengguna Tokopedia di Ponorogo)

Hasan Nursukma(1*), Umi Farida(2), Wahna Widhianingrum(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v5i2.795


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian online melalui Tokopedia pada konsumen Tokopedia di Ponorogo. Sampel dalam penelitiamn ini yakni 96 responden. Tahapan pengujian yang digunakan meliputi uji instrumen, uji koefisiensi determinasi dan uji hipotesis. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, dan persepsi resiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian.

 

 


Full Text:

References


  1. Asra, A. (2016). Metode penelitian survei / Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, Agus Purwoto ; editor, Prof. Abuzar Asra, Puguh Bodro Irawan, M.A,, | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161451
  2. Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Rajawali Pers.
  3. Baskara, I. P. (2012). Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial ( Social Networking Website ) ( Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang ). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, 2011, 1–15.
  4. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. //lib.stieputrabangsa.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6477&keywords=
  5. iprice.co.id. (2020). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
  6. Kenneth C. Laudon. (2016). Management Information System. Pearson India.
  7. Kotler, P., & Armstrong, G. (Gary M. . (2013). Principles of marketing. 469.
  8. Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management 14e. Pearson Education Limited. In Pearson (Vol. 22). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live
  9. Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.lazada.co.id). Solid State Ionics, 2(1), 1–10.
  10. mediakonsumen.com. (2020). pelayanan penanganan keluhan di tokopedia dan ovo sangat buruk. https://mediakonsumen.com/2020/04/08/surat-pembaca/pelayanan-penanganan-keluhan-di-tokopedia-dan-ovo-sangat-buruk
  11. Raman, Arasu., dan Viswanathan, A. (2011). IJCA - Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. https://www.ijcaonline.org/proceedings/winbis/number2/2053-200
  12. Santoso Slamet. (2013). Statistika ekonomi plus aplikasi SPSS. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Zsq-ixQAAAAJ&citation_for_view=Zsq-ixQAAAAJ:XiSMed-E-HIC
  13. Saputro, A. A., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaru Celebrity Endorsment, testimoni,dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop BLIBLI.COM. Agora, 5(1), 1–7. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5227
  14. Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. In Pearson Education.
  15. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046
  16. Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Website. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–11.
  17. tekno.kompas.com. (2020a). Data Pengguna Tokopedia Bocor, Cek Apakah Akun Anda Terdampak. https://tekno.kompas.com/read/2020/05/03/11580057/data-pengguna-tokopedia-bocor-cek-apakah-akun-anda-terdampak
  18. tekno.kompas.com. (2020b). Tokopedia Gangguan, Pembayaran dan Transaksi Dilaporkan Bermasalah. https://tekno.kompas.com/read/2020/03/23/16385387/tokopedia-gangguan-pembayaran-dan-transaksi-dilaporkan-bermasalah
  19. Tjiptono, F. (2016). Service, quality dan satisfaction 4 / Fandy Tjiptono, Ph.D., Gregorius Chandra. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1161367
  20. www.apjii.com. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.