PENGARUH MODEL JEMBATAN RANGKA BATANG BERBAHAN STIK ES KRIM TERHADAP BEBAN KRITIS

Muhamad Sigit Sulaiman, Fadelan Fadelan, Kuntang Winangun

Abstract


Sistem struktur jebatan rangka batang merupakan struktur yang susunannya terdiri dari 2 (dua) batang yang menyalurkan gaya tarik dan gaya tekan, dengan kata lain, rangka batang terdiri dari dua gaya pada komponen struktur saja. Sistem struktur rangka batang juga banyak di aplikasikan pada struktur bangunan gedung dan rumah. Jembatan rangka batang mempunyai 2 (dua) komponen utama yang dikaitkan menjadi satu dengan balok-balok melintang. Rangka batang pada umumnya dipakai dalam jembatan gantung konvensional karena memiliki kelebihan aerodinamis yang bagus. Beratnya yang relatif ringan merupakan keuntungan dalam pembangunan nya dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian. Tulisan ini membahas tentang hasil penelitian model-model konstruksi jembatan, berupa penelitian macam-macam model kontruksi jembatan rangka batang dengan komponen struktur terbuat dari bahan kayu yaitu stik eskrim. Penelitian ini merupakan penelitian dengan bahan baku yang mudah diperoleh dan secara khusus memberikan dampak yang bermanfaat di dalam pembuatan jembatan. Ruang lingkup jembatan yaitu merupakan struktur jembatan termasuk dalam jenis jembatan rangka batang material penyusun seluruhnya yaitu menggunakan stik es krim dan sistim sambungan menggunakan lem kayu. Perhitungan beban menggunakan beban gravitasi. Pengujian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengujian dengan memberi beban dan ditarik ke bawah. Dan model jembatan yang paling kuat menerima beban adalah tipe Pratt dengan kekutan rata-rata 19,81 kg, jembatan yang paling kuat kedua adalah tipe Howe dengan kekuatan rata-rata 19,77 kg, dan yang paling bawah adalah tipe Warren dengan kekuatan 14,59 kg.

Keywords


Struktur jembatan rangka batang, gaya tarik, gaya tekan

References


Arie Prayogi, Achfas Zacoeb, Ari Wibowo. Pengaruh variasi camber terhada perilaku jembatan rangka baja. Universitas Jember

Dixy Clasicadomi. (2014). Perbandinagn jembatan rangka tipe Pratt, Parker, dan Browstring dalam menerima beban yang sama dan hasil penerapannya pada matrial bambu. Universitas Jember

Endah Atika. (2018). Analisis Fariasi Tinggi Rangka Batang Pada Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt ( Analysis For The Height Variation Of Pratt Truss Bridge). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

I Made Kastiawan . (2010). Statika struktur.: andi

Kamarwan. (1995). Statika : Bagian dari mekanika teknik.: Universitas Indonesia.

L Schodek, D. (1998). Struktur. Bandung: PT Eresco. RSNI-T-02. (2005). Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Ria Putri Febrianti. (2014). Perbandingan kekuatan jembatan rangka tipe Werren dan Baltimore dalam menerima beban yang sama pada matrial bambu. Universitas Jember.

RSNI-T-03. (2005). Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Supriyadi, B., & Muntohar, A. S. (2007). Jembatan. Yogyakarta: BetaOffset.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v2i2.142

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v2i2.142.g116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.