Analisa Kerusakan dan Perawatan Komponen Sistem Power Train (Kopling) Mobil Avanza di PT Tunas Toyota Serang

Dwi Angga Maulana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui permasalahan seperti kerusakan dan perawatan pada salah satu komponen sistem power train yaitu kopling pada mobil avanza, serta dapat memahami penyelesaian dari kerusakan dan perawatan komponen sistem power train tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan secara langsung yakni pada objek di Tunas Toyota Serang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan DACUM Research Chart. Teknik validasi data menggunakan Expert Judgement dengan melibatkan Expert Worker, dalam hal ini adalah mechanic atau kepala bengkel di PT Tunas Toyota Serang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, masalah kerusakan yang sering terjadi pada sistem kopling mobil Toyota Avanza ialah Tipisnya plat kopling, Aus pada release bearing, Putusnya kabel kopling, Kopling selip, Kopling berbunyi, Kopling susah masuk gigi dan Kopling mengeluarkan bau terbakar. Kerusakan disebabkan karena penggunaan yang kurang baik serta usia kendaraan yang menjadi salah satu faktor kerusakan terjadi. Oleh karena itu perlu untuk kita melakukan perawatan pada sistem kopling agar kinerjanya tetap stabil.

 

 

Kata Kunci: Komponen Sistem Power Train (Kopling), Kerusakan, Perawatan.


References


Hikam, D. S. (2021). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mobil Pada Auto 2000 Kenjeran Surabaya Menggunakan Metode Rule-Based System. In Issn Jsika. Universitas Dinamika.

Joko. (2019). TUGAS RANCANGAN ELEMEN MESIN KOPLING MOBIL AVANZA. UNIVERSITAS MEDAN AREA.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).

Rangga. (2020). Tugas Rancangan Elemen Mesin Kopling Toyota avanza. UNIVERSITAS MEDAN AREA.

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (E. F. Hidayat (ed.); 1st ed.). Muhammadiyah University Press.

Surbakti, A., & Munthe, I. (2022). Analisa Kerusakan dan Perbaikan Sistem Kopling Mobil Toyota Avanza Veloz 1.500CC. Jurnal Ilmiah Core It, 10(6), 25–28.

Surorodin, & Widiyatmiko. (2019). Analisa Kerusakan Sistem Kopling Pada Mobil Toyota Avanza dan Cara Penyelesaiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 14(02), 89–92.

Syahrizal, M. (2013). SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN PADA MOBIL TOYOTA DENGAN BEST FIRST SEARCH BERBASIS WAP. Majalah Ilmiah Informasi Dan Teknologi Ilmiah (INTI), 1(1), 53–57.

Tampubolon, K. D. (2019). Tugas Rancangan Elemen Mesin Kopling Gesek Mobil Toyota Avanza. UNIVERSITAS MEDAN AREA 2019.

Yahya Herlambang. (2020). Tugas Rancangan Elemen Mesin Kopling Mobil Veloz. Universitas Medan Area.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.