ANALISA KEVAKUMAN DAN PERBEDAAN MAP SENSOR PADA PERUBAHAN RPM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MOBIL TOYOTA KIJANG EFI 2000

Ikko Yuswanda, Wawan Trisnadi Putra, Kuntang Winangun

Abstract


Meningkatnya kebutuhan manusia dalam bidang transportasi, pemakaian bahan bakar minyak juga semakin meningkat. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus maka masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari akibat dari harga bahan bakar minyak yang melambung tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh RPM dan kevakuman pada MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dan untuk mengetahui MAP Sensor yang paling efisien konsumsi bahan bakarnya. Metode pengujian yang dilakukan diantaranya mengatur putaran mesin dengan membuka katup gas menggunakan sekrup dan melihat pembacaan putaran pada speedometer selama proses pengujian, Mengukur volume bahan bakar yang dikonsumsi mesin oleh MAP Sensor dengan cara menyambungkan tangki bahan bakar dengan pipa plastik transparan kemudian mesin dibunyikan selama 20 detik, kemudian melihat perubahan volume pada pipa transparan dan mengukurnya menggunakan mistar baja, dan mengukur emisi gas buang yang dihasilkan mesin oleh MAP Sensor menggunakan emission gas analyzer. Terjadi perubahan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan akibat MAP Sensor yang berbeda. RPM dan kevakuman pada MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. MAP yang paling irit dan ramah lingkungan adalah MAP 89420-12040.

Keywords


MAP Sensor, Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas buang

References


Argana, M. Sidik.2014. Cara Kerja dan Metode Pemeriksaan Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor. Diambil dari: http:/www.vedcmalang.com/pppptkboemlg.php/ menuutama/otomotif/906-sidik-argana. (25 Maret 2018).

Goro Tamai, Frank Ament. 2003. Manifold Absolute Pressure control system and method for a hybrid electric vehicle. General Motors Corporation, 11, 1 – 11.

Hendri, M. J., Tinton, D. A., Dalmasius, G. S. 2017. Teknologi Sensor Otomotif. Bandung: Rekayasa Sains.

Joo-Young, K., Hyun-Ju, P., Sang-Jo, L., Tae-Wook, P., Dae-Hyun, Y. 1996. Manifold Absolute Pressure Sensor for Internal Combustion Engines. Hyundai KEFICO Corp, 6, 1-6.

Joseph, M. S., Colin, A. R., Karfegar, K. K., Paul, A. B., Bruce, A. R. 2004. Manifold Air Flow (MAF) and Manifold Absolute Pressure (MAP) Residual Electronic Throttle Control (ETC) Security. General Motors Corporation, 7, 1-7.

Kanginan, Marthen. 2002. Fisika Untuk SMA Kelas XI Semester 2. Jakarta: Erlangga.

PPPPTK VEDC. 2006. Fundamental of Control System Automotive. Malang: PPPPTK VEDC.

PT. Toyota-Astra Motor. 1994. New Step 1 Training Maual. Jakarta: PT. Toyota-Astra Motor.

PT. Toyota-Astra Motor. 1994. Training Manual Engine Group Step 2. Jakarta: PT. Toyota-Astra Motor.

Sasono, Rafiq Aulia. 2015. Rancang Bangun Alat Uji Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP) Berbasis Mikrokontroler. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuningsih, Dewi dan Ida Nugroho Saputra. 2015. Dasar dan Pengukuran Listrik. Surakarta: Mediatama.

Yahya, W. 2017. Sistem Kontrol Otomotif. Yogyakarta: CV Budi Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v3i1.251

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v3i1.251.g240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.