MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN PERSONALIZED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL ADAPTIVE LEARNING SYSTEM BERBASIS WEB

Fathia Frazna Az-Zahra

Abstract


Pembelajaran berbasis teknologi salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran adaptif atau pembelajaran yang dapat dipersonalisasi. Pembelajaran yang dipersonalisasi berhubungan dengan karakteristik siswa. Karakteristik siswa yang berbeda-beda mempengaruhi cara siswa dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu jenis pembelajaran yang dipersonalisasi paling populer dalam sistem e-learning saat ini salah satunya adalah mengidentifikasi gaya belajar dari setiap peserta didik. Penelitian ini membahas tentang perancangan personalized learning pada e-learning dengan menggunakan model Adaptive Learning System (ALS). Terdapat tiga komponen utama dalam model ALS yaitu adaptive model, domain model, dan learner model. Di dalam learner model terdapat penerapan metode untuk mengetahui gaya belajar peserta didik menggunakan Index Learning Style (ILS) yang membagi gaya belajar menjadi empat dimensi. Dimensi yang diteliti adalah dimensi persepsi (sensing-intuitive) dan dimensi input (visual-verbal). Penelitian ini dilakukan dengan merancang materi sesuai gaya belajar tersebut lalu diterapkan pada sebuah system e-learning berbasis website. Hasil penelitian ini adalah penerapan personalized learning pada e-learning STMIK IKMI Cirebon dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan daripada sistem e-learning yang tidak menerapkan personalized learning dengan hasil selisih pre-test dan post-test kelas kontrol (P3), kelas eksperimen (P2) dan (P1) adalah 8,809, 24,985, 17,708.


Keywords


personalized learning;e-learning;Adaptive Learning System (ALS);Index Learning Style (ILS);hasil belajar

References


Alshammari, M., Anane, R., & Hendle, R. J. (2015). An E-Learning Investigation into Learning Style Adaptivity. 2015 48th Hawaii International Conference on System Sciences. https://www.academia.edu/22058101/An_E_Learning_Investigation_into_Learning_Style_Adaptivity

Anderson, T. (Ed.). (2008). The theory and practice of online learning (2nd ed). AU Press.

Baguley, M., Danaher, P. A., Davies, A., George-Walker, L. D., Jones, J. K., Matthews, K. J., Midgley, W., Arden, C. H., & George-Walker, L. D. (2014). Educational Learning and Development: Building and Enhancing Capacity (2014th edition). Palgrave Pivot.

Daud, N. M. N., Bakar, N. A. A. A., & Rusli, H. M. (2010). Implementing rapid application development (RAD) methodology in developing practical training application system. 2010 International Symposium on Information Technology, 3, 1664–1667. https://doi.org/10.1109/ITSIM.2010.5561634

Dwianto, A. (2015). Uji ANOVA Satu Faktor dengan SPSS. http://www.sangpengajar.com/2015/03/uji-anova-satu-faktor-dengan-spss_20.html

E-Learning Market Trends And Forecast 2017-2021. (2016). Docebo. https://learningnews.com/media/30885/docebo-elearning-trends-report-2017-short.pdf

Felder, R. M., & Silverman, L. K. (1988). Learning and Teaching Styles in Engineering Education. Journal of Engineering Education -Washington-, 78, 674–681.

Felder, R. M., & Soloman, B. A. (1997). Index of Learning Styles Questionnaire. https://www.webtools.ncsu.edu/learningstyles/

Ishak, M. K., & Ahmad, N. B. (2016). Enhancement of Learning Management System with Adaptive Features. Proceedings of the 2016 Fifth ICT International Student Project Conference (ICT-ISPC). https://ieeexplore.ieee.org/servlet/opac?punumber=7510577

Klašnja-Milićević, A., Vesin, B., Ivanović, M., & Budimac, Z. (2011). E-Learning personalization based on hybrid recommendation strategy and learning style identification. Computers & Education, 56(3), 885–899. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.11.001

Ovariyanti, A. S., & Santoso, H. B. (2017). An adaptation of the Index of Learning Style (ILS) to Indonesian version: A contribution to Index of Learning Style (ILS), validity and reliability score. 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 129–134. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872762

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahono, R. S. (2008). Meluruskan Salah Kaprah Tentang E-Learning. https://romisatriawahono.net/2008/01/23/meluruskan-salah-kaprah-tentang-e-learning/


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v6i2.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.