SIMULATOR INJECTOR 90 CC SPARK IGNITION ENGINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGATURAN WAKTU PEMBUKAAN INJEKTOR TERHADAP VOLUME INJEKSI BAHAN BAKAR

Berto Yusuf Nugroho, Gramandha Wega Intyanto

Abstract


Merupakan salah satu bagian yang akan memberikan dampak tingkat efektifitas pembakaran terjaga berikut  efisiensi pemakaian bahan bakar. Injector bekerja berdasarkan parameter kebutuhan kerja mesin yang tepat. Jumlah volume bahan bakar menjadi acuan dalam menjaga performa dari injektor, simulator Injector akan menginformasikan jumlah volume bahan bakar yang dapat dianalisa, dengan mendapatkan nilai Electronic Pulse Width  Injector actual simulator dapat dijalankan, Electronic Pulse Width actual objek penelitian sebesar 2 ms-3 ms, laju bahan bakar Injector objek penelitian sebesar 90 cc/min pada tekanan 2,9 Bar, dengan F error rata-rata 9,44% yang dihasilkan oleh simulator, F Error > 10% simulator tidak dapat diterima, F Error < 10% maka  simulator dapat digunakan untuk menganalisa volumetric dari Injector sehingga pada penelitian ini, memberikan solusi ketika kondisi aktual perawatan periodik didapatkan dengan memodelkan kondisi parameter kerja Injector tersebut di dalam kesatuan sistem sehingga pengukuran volume bahan bakar dapat dengan mudah dilakukan.



Keywords


Injector, Simulator, Pulse Width Modulation, Volumetric

References


J. E. Smith, “Manifold drain valve.” Google Patents, 1963.

M. Gailis and V. Pirs, “Experimental Study in Gasoline Engine Injector Performance,” Publ. Ed., pp. 364–368, 2013.

C. Schwarz, “Calculation of the Real Working Process,” in Combustion Engines Development, Springer, 2012, pp. 227–308.

N. Shahangian et al., “Transient nozzle flow simulations of gasoline direct fuel injectors,” Appl. Therm. Eng., vol. 175, no. April, p. 115356, 2020, doi: 10.1016/j.applthermaleng.2020.115356.

H. Zhao, HCCI and CAI engines for the automotive industry. Elsevier, 2007.

F. Zhao, M.-C. Lai, and D. L. Harrington, “Automotive spark-ignited direct-injection gasoline engines,” Prog. energy Combust. Sci., vol. 25, no. 5, pp. 437–562, 1999.

N. Mitroglou, J. M. Nouri, Y. Yan, M. Gavaises, and C. Arcoumanis, “Spray structure generated by multi-hole injectors for gasoline direct-injection engines,” 2007.

M. H. R. Alias, M. F. A. Rahim, M. H. M. I. Rodzi, and R. A. Bakar, “Effect of Injection Pressure, Injection Duration, and Injection Frequency on Direct Injector’s Mass Flow Rate for Compressed Natural Gas Fuel,” in MATEC Web of Conferences, 2018, vol. 225, p. 2008.

E. Movahednejad, F. Ommi, M. Hosseinalipour, and O. Samimi, “Experimental and Theoretical Study of Injection Timing on Performance and Exhaust Emissions in a Port-Injected Gasoline Engine,” in ASME 2006 Internal Combustion Engine Division Spring Technical Conference, 2006, pp. 137–145.

T. R. Butts, J. D. Luck, B. K. Fritz, W. C. Hoffmann, and G. R. Kruger, “Evaluation of spray pattern uniformity using three unique analyses as impacted by nozzle, pressure, and pulse-width modulation duty cycle,” Pest Manag. Sci., vol. 75, no. 7, pp. 1875–1886, 2019.

M. N. L. H. R. INDONESIA, “PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN PENGHITUNGAN BEBAN EMISI KEGIATAN INDUSTRI MINYAK DAN GAS BUMI,” 2012.

R. Raja, T. Sebastian, and M. Wang, “Online stator inductance estimation for permanent magnet motors using PWM excitation,” IEEE Trans. Transp. Electrif., vol. 5, no. 1, pp. 107–117, 2019.

T. A. Leyrer, M. Staebler, and W. C. Wallace, “Managing pulse-width modulation trip signals from multiple sources.” Google Patents, 2019.

J. B. Heywood, “1988, Internal Combustion Engine Fundamentals, McGraw-Hill, New York.”

Q. Liu et al., “Comparative study on thermodynamics, combustion and emissions of turbocharged gasoline direct injection (GDI) engine under NEDC and steady-state conditions,” Energy Convers. Manag., vol. 169, no. May, pp. 111–123, 2018, doi: 10.1016/j.enconman.2018.05.047.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v4i2.527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.