PERANCANGAN APLIKASI PROMOSI DAN PENCARIAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PONOROGO BERBASIS ANDROID

Authors

  • Nizar Faisal Hakim Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Aliyadi Aliyadi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ghulam Asrofi Buntoro Universitas Muhammadiyah Ponorogo http://orcid.org/0000-0001-5936-0359

DOI:

https://doi.org/10.24269/jkt.v2i2.141

Keywords:

Android, Aplikasi, Pencarian, Promosi, UMKM

Abstract

Media promosi yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Di sisi lain, ketersediaan informasi tentang produk dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga sangatlah penting dan diperlukan oleh konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media atau aplikasi yang dapat mempromosikan produk UMKM serta menyediakan informasi produk tersebut dengan tepat dan efektif. Aplikasi merupakan suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, permainan, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet yang telah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan menggunakan aplikasi berbasis Android diharapkan akan membantu pelaku bisnis maupun konsumen dalam memenuhi kebutuhan akan media promosi yang tepat dan efektif. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan PHP, sedangkan basis datanya menggunakan Firebase. Berdasarkan uji coba implementasi dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android yang menampilkan promosi dari suatu produk dari sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Ponorogo, serta menampilkan informasi produk dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tersebut. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan konsumen atau pengguna dalam mencari lokasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah maupun mencari suatu produk dari usaha tersebut.

References

Darmanto, FX. Sri Wardaya, Lilis Sulistyani. (2018). Kiat Percepatan Kinerja UMKM Dengan Model Startegi Orientasi Berbasis Lingkungan. Yogyakarta : Deepublish.

Kementerian, Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. (2018). Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2012 – 2013. Available at: http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/. Html. Diunduh pada 10 Agustus 2018.

Downloads

Published

2018-10-05

Issue

Section

Articles