IMPLEMENTASI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003
Abstract
Abstrak
Islam merupakan salah satu agama yang telah diakui di Indonesia dengan beberapa agama lainnya. Selain itu, mayoritas penduduk Indonesia memiliki identitas muslim dalam dunia pendidikan, berbagai masalah internal dan eksternal yang bersifat mendasar atau kompleks terus dihadapi. Dengan banyaknya masyarakat Islam berdampak pada munculnya lembaga pendidikan Islam dari berbagai jenjang formal maupun nonformal. Namun saat ini lembaga pendidikan Islam kurang mendapat perhatian. Hal ini dibuktikan dengan rasio jumlah siswa yang berbeda-beda di setiap lembaga pendidikan. Padahal tujuan pendidikan Islam telah tersirat dalam tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam sejumlah pasal dalam undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003.
Keywords
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku:
Al Qardhawi, Yusuf 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Prof. H. Bustami A. Ghani dan Drs. Zainal Arifin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang
Hanafi, halid, dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (CV. Budi Utama).
Langgulung, Hasan 1980. Beberapa Pemikitan Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif
M, Iswantir. 2019. Paradigma Lembaga Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Penerbit Aura (CV. Anugrah Utama Raharja).
Marimba, Ahmad D. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif
Saerozi, M. Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta
Jurnal:
Achadi, Muh. Wasith. 2018. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al Ghazali. Vol. 1. No. 2
Asopwan, Didin. 2018. Studi Tentang Akreditasi dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Ciamis: Universitas Galuh. Vol. 2. No. 2.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Edukasi Islam. Bogor: STAI al-Hidayah. Vol. 6. No. 11.
Nata, Abuddin. 2004. Tokoh-tokoh Pembaharuan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Noor, T. 2018. rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan. Vol. 3. No. 01
Nujumuddin. 2019. Dampak Kebijakan Akreditasi Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram. Vol. 15. No. 1.
Purbakawatja, Soeganda. 2007. Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta: Gunung Agung
Romlah, Siti. 2021. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal Studi Islam. Bangil: Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil. Vol. 16. No.1.
Samsirin dan Siti Hardiyanti. 2018. Titik Temu Tujuan Pendidikan Islam dan Indonesia. Jurnal at-Ta’dib. Vol. 13. No. 1.
Soraya, Nyanyu. Lembaga Pendidikan Islam Periode Awal dalam Perspektif Sejarah.
Syafe'i, I. 2015. Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2
Taofik, Ahmad. 2020.Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Indonesian Journal of Adult and Community Education. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: 10.24269/tarbawi.v6i2.1216
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.