IMPLEMENTASI METODE CERITA ISLAMI DALAM PENANAMAN MORAL KEAGAMAAN

Devi Yusnila Sinaga, Sukron Habibih Hasibuan, Eji Habibah Sembiring

Abstract


Abstrak:

Setiap anak usia dini harus melalui tahapan perkembanganl yang berbeda-beda kehidupan dalam kehidupannya, dari beberapa macam perkembangan, salah satunya adalah aspek pengembangan nilai agama dan moralitas. Modernisasi zaman memiliki efek mengurangi kesadaran akan pentingnya nilai agama bagi anak. Jadi, untuk menanamkan nilai-nilai agama harus dibiasakan sejak dini. Salah satu metode yang digunakan oleh guru atau pendidik untuk menanamkan moralitas agama pada anak melalui metode cerita/mendongeng. Perlunya penanaman akhlak agama dalam metode mendongeng supaya nilai-nilai yang diajarkan dapat dihayati dan dimaknai oleh anak-anak tanpa dipaksa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan mendongeng dapat mempengaruhi moral keagamaan anak ketika kegiatan mendongeng/bercerita tersebut dilakukan dengan penyampaian yang tepat dengan memilih cerita yang sesuai serta dengan memberikan contoh teladan bagi anak-anak.


Keywords


implementasi metode cerita, pengaruh metode cerita, moral keagamaan

References


Al-Imam Abul Fida Isma’il Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir Juz 1. Bandung: Sinar Baru al-Gensindo, 2002.

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2, no. 2 (2015): 95–105.

Fulfalah, A. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Moral Keagamaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MTs Darun Najah Ngemplak Pati.” IAIN Kudus, 2021.

Khairiyah, Dina. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini.” Darul Ilmi: Jurbal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 2019.

Kusnilawati, K., & Fauziddin, M. “Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami.” Aulad: Journal on Early Childhood 1, no. 1 (2018): 28-38.

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI:, and 6 (2). Jurnal Pendidikan Agama Islam. “Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2020).

Safitri, L. N. “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 85–96.

Syamsiyah, Nur, and Andri Hardiyana. “Implementasi Metode Bercerita Sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2021).

Syofiyanti, D., & Purnomo, D. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa Di MIS Nurul Islam Seresam.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 10, no. 1 (2020): 1–17.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v1i1.1249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.