PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA KELAS IV DI SDN 2 GROGOL
Abstract
Berbicara tentang pendidikan kita sudah tidak asing lagi karena setiap individu wajib menempuh pendidikan wajib belajar selama 12 tahun mulai dari pendidikan dasar sampai menengah. Pola pengasuhan orang tua juga turut berperan dalam pembentukan kepribadian serta kepercayaan diri pada siswa mengingat seorang anak mendapatkan pendidikan pertama kali yaitu melalui keluarganya. Namun antara pola asuh orang tua yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda sehingga memunculkan kepribadian serta self efficacy siswa yang berbeda-beda pula. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Grogol yang merupakan salah satu Sekolah Dasar Inpres di Desa Grogol yang sudah berdiri sejak tahun 1960 dan masih tetap eksis sampai saat ini. Artikel ini disusun untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap self efficacy siswa kelas IV di SDN 2 Grogol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi 31siswa dan sampel sebanyak 31 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh artinya semua populasi dijadikan sebagai sampel. Analisisnya menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS.17.0 for windows.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah terdapat pengaruh sebesar 47,7% pola asuh orang tua terhadap self efficacy siswa kelas IV di SDN 2 Grogol. Sedangkan yang selainnya dipengaruhi oleh factor-faktor lain selain pola asuh orang tua.
Keywords
References
Cimi, Atik dkk. “Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak”. Jurnal Pendidikan 1, no 01 (2013): 62.
Ispingatin (interview). 2022. “Jenis Pola Asuh dan Kondisi Self Efficacy Siswa Kelas IV di SDN 2 Grogol”. Ponorogo.
Kusrieni, Devi. 2014. Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Mencontek. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Nur, Andi Saparuddin. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan MotivasiBerprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke” 2, no. 02 (2016): 90.
Pangestu, Chairunnisa. “Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa”, Jurnal Foundasia 11, no. 1 (2020): 36.
Q. Ayun, Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA, Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 01 (2017): 102-122.
Saputro dkk. “Enhancing Pre-Service Elementary Teachers’s Self Efficacay and Critical Thinking using Problem-Based Learning”. European Journal of Education Research 9, no. 02 (2020): 765.
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan & konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup.
Syahputra, Dedi. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami”, Jurnal At-Tawwasuth 2, no.2 (2017): 77.
Wuryani Sri (interview). 2022. “Sejarah Berdirinya SDN 2 Grogol Sawoo”. Ponorogo.
DOI: 10.24269/tarbawi.v6i1.1300
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.