MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DENGAN MEDIA BUKU POP UP INOVASI DI MI MUHAMMADIYAH PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/tarbawi.v6i1.1314Keywords:
media pembelajaran, buku pop up, membaca permulaanAbstract
Kemampuan membaca adalah hal dasar dan yang penting untuk kemajuan sumber daya manusia. Untuk seorang siswa, kemampuan dasar untuk belajar adalah membaca. Lewat kemampuan membaca, siswa dapat memperoleh banyak informasi, mempelajari ilmu pengetahuan, menambah pengalaman, meningkatkan wawasan, serta mempelajari hal baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data diperoleh dari seluruh siswa kelas I yang berjumlah 9 anak. Media pembelajaran yang digunakan adalah media buku pop up inovasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan perubahan namun belum mencapai hasil yang maksimal, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil dari siklus II kemampuan ketepatan dalam membaca mendapatkan persentase 86%, kemampuan ketelitian mendapatkan hasil persentase 75%, dan yang terakhir kemampuan kelancaran mendapatkan hasil 72%.
References
Cahirul, Mahfud. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011
Sri Wahyuni, Muhammad Thohri, Alfin. “Bahasa Indonesia Iâ€. Malang: Learning Assitance program for Islamic Schools PGMI. 2008
Devi. “Efektifitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malangâ€. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Malang. 2015
Meilia Safri, Sri Adelila Sari, dan Marlina, “Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Materi Minyak Bumiâ€. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2017
Sabarti Akhadiah. “Bahasa Indonesia IIIâ€. Jakarta:Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993
Saleh, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar†Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. 2017
Solichah dan Mariana. “Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambonâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Volume 6, Nomor 9 Tahun 2018
Sudjiono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Karawang : Raja Grafindo Perkasa, 2009
Rukayah. Membaca Menulis Permulaan dan Alternatif Membantu Siswa Yang Berkesulitan. (Universitas Sebelas Maret: Surakarta 2004)
Downloads
Published
Issue
Section
License

TARBAWI: Journal on Islamic Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.