MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DENGAN MEDIA BUKU POP UP INOVASI DI MI MUHAMMADIYAH PONOROGO

Aqmarina Candra Astika, Sigit Dwi Laksana, Lilis Sumaryanti

Abstract


Kemampuan membaca adalah hal dasar dan yang penting untuk kemajuan sumber daya manusia. Untuk seorang siswa, kemampuan dasar untuk belajar adalah membaca. Lewat kemampuan membaca, siswa dapat memperoleh banyak informasi, mempelajari ilmu pengetahuan, menambah pengalaman, meningkatkan wawasan, serta mempelajari hal baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data diperoleh dari seluruh siswa kelas I yang berjumlah 9 anak. Media pembelajaran yang digunakan adalah media buku pop up inovasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan perubahan namun belum mencapai hasil yang maksimal, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil dari siklus II kemampuan ketepatan dalam membaca mendapatkan persentase 86%, kemampuan ketelitian mendapatkan hasil persentase 75%, dan yang terakhir kemampuan kelancaran mendapatkan hasil 72%.


Keywords


media pembelajaran; buku pop up; membaca permulaan

References


Cahirul, Mahfud. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011

Sri Wahyuni, Muhammad Thohri, Alfin. “Bahasa Indonesia I”. Malang: Learning Assitance program for Islamic Schools PGMI. 2008

Devi. “Efektifitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang”. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Malang. 2015

Meilia Safri, Sri Adelila Sari, dan Marlina, “Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Materi Minyak Bumi”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2017

Sabarti Akhadiah. “Bahasa Indonesia III”. Jakarta:Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993

Saleh, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar” Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. 2017

Solichah dan Mariana. “Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Volume 6, Nomor 9 Tahun 2018

Sudjiono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Karawang : Raja Grafindo Perkasa, 2009

Rukayah. Membaca Menulis Permulaan dan Alternatif Membantu Siswa Yang Berkesulitan. (Universitas Sebelas Maret: Surakarta 2004)


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v6i1.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.