IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NAHDHOTUT THOLIBIN MASJID JAMI’ PILANGREJO SURODIKRAMAN PONOROGO
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam yang banyak mengajarkan kebaikan. Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, agar anak dapat membaca, memahami, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidup mereka. Oleh karena itu, hendaknya diterapkan sejak dini kepada anak, sebagaimana yang telah dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari kegiatan implementasi pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo adalah anak-anak lebih fokus dan semangat dalam proses pembelajaran, berperilaku positif dan secara bertahap mampu menerapkan adab dalam kehidupan sehari-hari, mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan lain-lain.
Keywords
References
Al-Qattan, Manna Khalil. 2016. Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Bogor: Litera AntarNusa.
Amin, Alfauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: Iain Bengkulu Press.
Aprida, Siti Nurul dan S. Suyadi, Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 6 Issues 4 (2022). DOI:10.31004/obsesi.v6i4.1959
Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama, Cet. 1. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ash-Shiddieqy, Hasbi. 1993. Pedoman Dzikir dan Doa. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Christianti, Martha, “Profesionalisme Pendidikan Anak”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. I, No. 1, (2012) : 113
Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. 2009. Pedoman Penyelenggaraan TKA/TKQ Dan TPA/TPQ. Jakarta: Tim Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren.
El-Khuluqo, Ihsan. 2015. Manajemen PAUD, Cet. 1. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Jayanti, Juwi. 2018. Peran TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Anak di TPQ Ar-Rahman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu, Skripsi, Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Diakses pada 11 Juni 2022 pukul 21.45
Katni, dan Sigit Dwi Laksana. 2020. “Model Manajemen Pendidikan Adab Anak Usia Pendidikan Dasar di MIN Demangan Madiun Jawa Timur Indonesia” Al Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, Vol. 06 No. 02 Januari. Ngawi: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIT Islamiyah Islamiyah Karya Pembangunan.
Kurnianto, Rido dan Dkk. 2018. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi. Ponorogo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Nadwa, “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an Dengan Metode Iqro Pada Anak Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.XI, No. 1, (2017): 27.
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ayu.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rumakat, Djuminti. 2019. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMP Negeri 14 Ambon. Skripsi. Ambon: IAIN Ambon.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syam, Aldo Redho dan Nurul Ulfatin, dan Maisyaroh Maisyaroh, “Strategy for Establishment Santri Leadership Character,” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 39.
Tim Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, 2009. Pedoman Pembinaan TKQ/TPQ. Jakarta: Tim Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren.
Umar, Bukhari. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
DOI: 10.24269/tarbawi.v5i1.1348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.