PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif Konsep ta’dib dalam pembelajaran Agama Islam pada tingkat SMA/MA)
Abstract
Keywords
References
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 1979. Aim And Objectives Of islam Education. Jeddah: King Abdul Aziz University
______. 1999. The Concept Of Education In Islam, A Frame Work For An Islamic Philosophy Of Education. Kuala Lumpur: ISTAC
______. 2001. Risalah untuk Kaum Muslimin, (Kuala Lumpur: ISTAC
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Azra, Azyumardi. 1998. Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos wacana Ilmu
Barnadib, Sutari Imam. 1993. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Andi Offset
Daradjat, Zakiah. 2007. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filasafat Dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan
Departemen Agama RI. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahannya; Dilengkapi Waqaf dan Ibtida’. Jakarta: PT. Suara Agung
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islan SMA & MA. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang
Djauhari, Moh. Tidjani. 1997. Pendidikan Islam Dari Masa ke Masa. Jurnal Mairifah vol 3
Gholib, Achmad. 2004. Teologi dalam Perspektif Islam. Jakarta: UIN Jakarta Press
Hasib, Kholili. 2016. Membangun Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Adab. Jawa Timur: Unida Gontor Pres
Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Katsir, Ismail Ibnu Umar Ibnu. 2002. Tafsir al-Quran al-Azhim, Juz 8. t.t.: Daar at-thayyibah
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press
Padjar, Malik. 2005. Holistika pemikiran pendidikan. Jakarta: rajagrafindo persada
Shofan, Moh. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik : Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Jawa Timur: UMG Press, 2004
Tilaar. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan: Suatu Tinjauan dari Prespektif Studi Kultural. Magelang: Indonesiatera
Afida, Ifa. Pemikiran Tokoh Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Falasifa, Vol. 7 Nomor 2 September 2016
Ardiansyah, Muhammad. dkk, The Concept of Adab by Syed Muhammad Naquib al-Attas and Its relevance to education in Indonesia, International Journal of Islamic Education Ta’dibuna vol. 1, No. 1, November 2017
Djauhari, Moh. Tidjani. 1997. Pendidikan Islam Dari Masa ke Masa. Jurnal Mairifah vol 3
Fathurrahman, Muhammad. Mengenal Metode Cerita, https://muhfathurrohman.wordpress.com/2013/01/20/mengenal-metode-cerita/ (diakses tanggal 10 Agustus 2018)
Katni, Hubungan Jiwa-Raga dan Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina, Jurnal Kependidikan Islam Al-Idarah, Vol. 6, No. 1 Tahun 2016
Khairudin. Pemikiran Pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Pendidikan Islam Hikmah, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2009
Novayani, Irma. Islamisasi Ilmu Pengetahuan menurut Pandangan Syed M. Naquib Al-Attas dan Implikasi terhadap Lembaga Pendidikan International Institute of Islamic Thought Civilization (ISTAC). Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, Volume I No 1 Tahun 2017
Ulfah, Maria. lmplementasi Konsep Ta’dib dalam Pendidikan Islam Untuk Mewujudkan Siswa Berkarakter, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Agustus 2015, Vol. 16, No. I
DOI: 10.24269/tarbawi.v3i1.208
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.