PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAPKEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA4-5 TAHUNDI TK PEMBINA 1 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas A1 (Kelas Eksperimen) dan A2 (Kelas Kontrol) dimana pada masing-masing kelas berjumlah 12 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memancing angka dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di buktikan dengan hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 2.313 pada t hitung dan untuk t table, yaitu 1, 715 yang artinya t hitung > dari t table, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun.
Keywords
References
Asmawati, Luluk. (2014). Perencanaan Pembelajaran Paud. Bandung: Rosdakarya
Khosiah, S. 2018. “Pengaruh Farming Gardening Project Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Di Ar-Rahman Islamic School Cinere Depok”. Fikrah: Journal Of Islamic
Lathifah, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Edukatif “Pancing Angka” Pada Anak Autis Kelas VII Di SLB Autisma Dian Amanah. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Mulyani. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Permendikbuat Nomor 146 Tahub 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD
Sugiyono. (2017). Metode Penelitiaan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sujarweni, Wiratna. 2014 Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sari. 2017. Pengaruh Permainan Memancing Aangka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Perwanis Kecamatan Medan Baru. Medan: Universitas Medan
Triwulandari dan Setyowati. (2022). Pengaruh Permainan Pakasi (Pancing Angka Edukasi) Terhadap Kemampuan Megenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Kelompok A Di TK Harapan Blajo Kalitengah Lamongan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Ulum, I. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka pada Anak Kelompok A di RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Panjangan Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogjakarta
Widodo. 2019. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.
DOI: 10.24269/tarbawi.v1i2.2381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.