TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGRI BONTANG

Susilo Romadon Syah, Muhammad Nasir, Suratman Suratman

Abstract


Penelitian ini utuk mengetahui dan mentelaah tentang’’Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Madrasah Aliyah Negeri Bontang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, tempat penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bontang adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, waka kurikulum dan guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan data condensation, data display dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini mendeskripsikan 1) isi dari implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bontang menyesuaikan dengan istruksi dari Kementrian Agama, kebebasan yang diberikan kepada Madrasah dalam menyusun kurikulum oprasional Madrasah. Penyusunan dari kurikulum oprasional Madrasah (KOM). Adanya nilai-nilai yang diterapkan sesuai dengan yang terkandung di dalam profil pelajar. Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan tentang implementasi kurikulum merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bontang mendapatkan hasil bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, menjalankan sesuai dengan isi kurikulum oprasional Madrasah. Menyusun kurikulum oprasional madarasah (KOM), capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP), membuat atau menyusun modul ajar, pembelajaran difrensiasi, profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin sampai pada asesmen.


Keywords


Implementasi, Kurikulum, Merdeka Belajar

References


Anas Anas et al., “Impelementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022),” Journal of Creative Student Research 1, no. 1 (January 17, 2023).

Desy Aprima and Sasmita Sari, “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD,” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no. 1 (September 17, 2022).

Enjelli Hehakaya and Delvyn Pollato, “Problematika Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” Jurnal Pendidikan Didaxel 3, no. 2 (2022).

Lailatul Isnaini and Surawan Surawan, “Analisis Perencanaan Kurikulum Merdeka MA Manbahil Futuh Kabupaten Tuban,” Prosiding SNasPPM 7, no. 1 (October 31, 2022).

Muniroh Munawar, “View of Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini” 1, no. 1 (2022).

Restu Rahayu et al., “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak,” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 22, 2022).

Siti Zulaiha, Meisin Meisin, and Tika Meldina, “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar,” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 9, no. 2 (2022).


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v1i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.