PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Maysyarah Telaumbanua Universitas Islam negeri Sumatra Utara
  • Dhinanda Aulia Fitria Parinduri Universitas Islam negeri Sumatra Utara
  • Aulia Khairani br Nasution Universitas Islam negeri Sumatra Utara
  • Hilda Zahra Lubis Universitas Islam negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.2530

Keywords:

metode bernyanyi, kecerdasan musikal, anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap perkembangan kecerdasan musikal anak usia dini TK Al Kausar Perjuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data, menganalisis data, dan menafsirkan data yang diperoleh melalui pengamatan sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi secara positif memengaruhi perkembangan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Meskipun kegiatan bernyanyi yang dilakukan di TK Al Kausar masih tergolong sederhana tetapi guru-guru memanfaatkan lagu-lagu terbaru dengan mengkreasikan lirik lebih menarik. Taman kanak-kanak Al Kausar Perjuangan mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan kecerdasan musikal pada anak usia dini secara optimal.

Author Biographies

Siti Maysyarah Telaumbanua, Universitas Islam negeri Sumatra Utara

Pendidikan

Dhinanda Aulia Fitria Parinduri, Universitas Islam negeri Sumatra Utara

Pendidikan

Aulia Khairani br Nasution, Universitas Islam negeri Sumatra Utara

Pendidikan

Hilda Zahra Lubis, Universitas Islam negeri Sumatra Utara

Pendidikan Agama Islam

References

Lubis, H.Z., dkk. (2023). Early Childhood Music Arts in Improving Children’s Language Development in TK Citra Mandiri batang Kuis District Education Achievment : Journal of Science and Research. 32-36.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Kristiania, Lilin., dkk. (2021). Profil kecerdasan anak usia dini usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia.

Suryaningsih. (2015). Pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di lembaga melati mediun tahun ajaran 2015/2016. : Universitas Sebelas Maret.

Aulia, A., dkk. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. 160-168

Lestari, G.A. Sumarni, s. (2022). Stimulasi Perkembangan Seni Musik dalam Kegiatan Bernyanyi Anak Usia (5-6) Tahun di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.8 No.1.

Santosa, D.A., (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. Pawiyatan : Journal Ivet Veteran. 78-88.

Mahmudah, s. Pamungkas, J. (2023). Ketrampilan Seni Musik Anak Usia Dini melalui Ekstrakurikuler Angklung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3).

Kamtini, Sitompul, F.A., (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles