EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Riza Rubyatun, Purwadi Purwadi, Agung Prasetyo

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Sejak dalam kandungan anak sudah mulai belajar bahasa, seperti: saat ibunya mengajak anak berbicara meskipun anak masih dalam kandungan. Kemampuan bahasa pada anak harus distimulasi sejak  dini untuk menghindari keterlambatan berbicara. Ketrampilan berbahasa memiliki empat komponen, yaitu: ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Bahasa dibagi menjadi dua, yaitu bahasa reseptif dan ekspresif. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan desain Quasi Eksperimen Design berbentuk Nonequivalent control group desaign. Teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah kelompok A TK Sedyo Mulyo Bakaran Kulon Pati. Sampel yang diambil dari kelompok A berjumlah 30 anak, kontrol berjumlah 15 anak dan eksperimen berjumlah 15 anak. Hasil penelitian berdasarakan  data yang sudah diperoleh terdapat peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 6,27 % dan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 1,93%. Dan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α =  0,05. Sehingga dapat disimpulkan nilai signikansi (sig 2-tailed) sbesar 0,000 < 0,05 maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media loose part terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun. Dengan penggunaan media loose part dapat memberikan suasana proses pembelajaran yang menyenangkan dan mengembangkan aspek perkembangan bahasa pada anak.ngan bahasa pada anak

Keywords


Anak Usia 4-5 Tahun, Loose Part, Bahasa Ekspresif

References


Faradiba. (2020). Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program. SEJ (School Education Journal, 10(1), 65–73

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di Kb Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), 20–39. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian.

Mardhiyanida, S. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Snow Pada Gadget. Seminar Nasional PAUD …, 74–78. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/523

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. PT sarang Seratus Aksara:hlm(12-20

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, hlm(14)

Supriadi, G. (2019). PENELITIAN PENDIDIKAN Metod1.pdf


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v1i2.2876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.