PENGEMBANGAN ‘DnC’ TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK KHADIJAH SURABAYA

Siti Fatimah, Nurhenti Dorlina Simatupang, Muhammad Reza, Sri Widayati

Abstract


Pengembangan kemampuan anak usia dini mencakup berbagai aspek. Secara umum pengembangan anak usia dini mencakup perkembangan agama moral, fisik, sosial, emosi, kognitif, dan seni. Penelitian ini disusun untuk mengembangkan media buku ‘DnC’ (Drawing and Colouring) terintegrasi Augmented Reality untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan tahapan ADDIE. Media divalidasi oleh ahli materi dan media menghasilkan skor analisis 88% dan 92%. Hasil penelitian menunjukkan uji Wilcoxon yang telah dilakukan, yaitu Test Statistics Uji Wilcoxon. Asymp.sig (2-Tailed) menunjukkan nilai 0,002. Maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan, yaitu jika nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, didukung oleh uji Wilcoxon dari ranks, yaitu negative ranks dari 12 anak tidak ada yang mengalami penurunan baik dari mean ranks atau sum of ranks. Kesimpulan dari tabel ranks adalah dari hasil pre-test dan post-test nya mengalami kenaikan yaitu pada mean ranks yaitu 6.50 dan sum of ranks nya adalah 78. Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu pengembangan buku ‘DnC’ (Drawing and Colouring) terintegrasi Augmented Reality layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya.


Keywords


buku menggambar dan mewarnai; augmented reality; kemampuan kreativitas; anak usia dini.

References


Costa, A, R Lima, and S Tamayo. “Eva: A Virtual Pet In Augmented Reality.” Symposium on Virtual and Augmented Reality, 2019. https;//doi.org/10.1109/SVR.2019.00024.

David, and Sibrani. “Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Luar Ruang Dan Dalam FTSP 2, no. 2 (2022): 18–28.

Dharmawan, Johan, and Eka Rahayu Setyaningsih. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Live Texturing Pada Pembelajaran Mewarnai Anak Usia Dini Di Paud Holistik Integratif El-Fath Sumenep.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2022): 69–86. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.98.

Fadhilla, Fajar, and Alvi Dyah Rahmawati. “Pengembangan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Teknik Gradiasi Mewarnai Di RA . Wardatul Muna Madiun Development of Children ’ s of Group B Creativity Trought Gradiaton Coloring Techniques at Wardatul Muna Of Kindergarten Madiun Institut Agama Islam Sun.” Journal of Psychology and Child Development 1, no. 2 (2021): 1–12.

Husnaini, Nani, and Jumrah. “Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini” 3, no. 2 (2019): 112–33. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477.

Karina, Siti, and Aang Solahudin Anwar. “Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Mewarnai Di Sd Negri Rangdumulya 1.” Jurnal Pengabdian Mahasiswa 2, no. 1 (2022): 3811–20.

Kurniawan, Gatot Iwan, and Dani Dagustani. “Literasi Berpikir Kreatif Dan Pengenalan Program Santripreneur Di Pesantren Miftahul Jannah.” Warta LPM 24, no. 3 (2021): 571–80. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12637.

Luh, Ni, and Putu Ekayani. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, no. March (2021): 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-.

Maulana, and Farida. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Revolusi 4.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 2019.

Rohanah, Siti, Sri Watini, Program Studi, Pendidikan Anak, Usia Dini, Universitan Panca, Sakti Bekasi, Universitas Panca, and Sakti Bekasi. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Model ATIK Pada Kelompok B Di RA Manarul Huda” 08, no. September (2022): 1725–36.

Supriadi. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Vidatul Zummiasa, Armia, Sri Widayati, and Muhammad Reza. “Pengembangan Media Lift the Flap Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Program Studi PGRA 9 (2023): 66–78.

Widayati, Sri, and Kartika Rinakit Adhe. Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v9i1.3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.