PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN GURU MI DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO
Abstract
Abstract:
This study aims to determine whether or not there is a significant influence between the leadership
style of the madrasah principal and the level of discipline of the MI Darul Fikri teacher. The subjects
of this study were all teachers of MI Darul Fikri as many as 27 teachers, sampling using a total
sample of 27 respondents. In measuring the research variables, the researcher first tested the
instrument, namely the validity test and the reliability test. Meanwhile, in measuring the effect of the
two variables using the correlation formula and simple linear regression using SPSS 17 to find out the
results of the data that has been done. Based on data processing which states that there is a
significant influence between the leadership style of the madrasa principal and the level of discipline
of MI Darul Fikri teachers, namely 61.3% and 38.7% the level of teacher discipline is influenced by
other aspects.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara
gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan tingkat kedisiplinan guru MI Darul Fikri. Subjek
penelitian ini adalah seluruh guru MI Darul Fikri sebanyak 27 guru, pengambilan sampel
menggunakan sampel total yaitu 27 responden. Dalam mengukur variabel penelitian, peneliti
melakukan uji instrumen terlebih dahulu, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, dalam
mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus korelasi dan regresi linier sederhana
menggunakan SPSS 17 untuk mengetahui hasil data yang telah dilakukan. Berdasarkan olah data
yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah
dengan tingkat kedisiplinan guru MI Darul Fikri yaitu sebesar 61,3% dan 38,7% tingkat kedisiplinan
guru dipengaruhi oleh aspek lainnya.
Keywords
References
Apriliani, E., & Ariyanto, A. (2018). Sikap
Disiplin Fasilitas Belajar dan
Lingkungan Belajar terhadap
Motivasi Berprestasi dan
Dampaknya pada Hasil Belajar
Matematika Siswa SMP. Prosiding
SEMPOA (Seminar Nasional,
Pameran Alat Peraga, dan
Olimpiade Matematika) 4 2018.
Eti Nurhayati, R. Supomo. 2018.
Manajemen Sumber Daya Manusia,
Bandung: Yrama Widya.
Imam, Suprayogo. 1999. Revormulasi Visi
Pendidikan Islam. Malang: Stain
Press.
Katni, K., & Khusnul Rois, A. (2015).
Pengelolaan Madrasah Dalam
Perspektif Manajemen Mutu
Terpadu (Studi Di MI Plus Al Islam
Dagangan Madiun). Jurnal
Muaddib, 5(02).
Laksana, S. D. (2016). Urgensi pendidikan
karakter bangsa di
sekolah. MUADDIB: Studi
Kependidikan dan Keislaman, 5(2),
-184.
Nugraheni, Aninditya Sri dan Ratna
Rahmayanti. 2006. “Pengaruh
Disiplin Kerja Terhadap Kinerja
Guru di MI Al Islam Tempel dan
MI Al Ihsan Medari”, Jurnal
Pendidikan Madrasah, Volume 1
Nomor 2, November.
Nurjan, S., & Ahmad, A. D. Adversity
Intelligence Guru: Identifikasi
Faktor-Faktor Yang Berperan.
Rivai, V. 2004. Manajemen sumber daya
manusia untuk perusahaan. Jakarta :
PT. Raja Grafindo Persada.
Suprayitno, E., Rois, S., Harmanto, B., &
Iman, N. (2018). Character
Education Values In Folklores Of
Ponorogo And Their Relevance In
Teaching Literature. Proceeding
Icon-ELite, 1(1), 27-37.
Utama, Widyaiswara. 2011. Kepemimpinan
Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Yuniarti, Ike, Muhammad Ramli, and Sitti
Mania. 2018. “Pengaruh Gaya
Kepemimpinan Kepala Madrasah
Terhadap Kedisiplinan Guru Pada
Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten
Bulukumba.” Journal of Islamic
Education Management 4, no. 2 : 182-95
DOI: 10.24269/tarbawi.v5i2.818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.