EFEKTIVITAS MEDIA BAMBU STATISTIKA (BATIK) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.24269/tarbawi.v9i2.3232Kata Kunci:
Media pembelajaran, Bambu Statistika (BATIK), Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Statistika.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran Bambu Statistika (BATIK) dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep statistika pada siswa. Berdasarkan observasi, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep statistika, yang ditunjukkan oleh rendahnya hasil belajar dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media pembelajaran BATIK, yang merupakan alat bantu berbasis visual dan interaktif dengan bahan dasar bambu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui observasi, tes pemahaman konsep, serta kuesioner motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan uji statistik untuk mengukur perubahan signifikan dalam motivasi dan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media BATIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media BATIK berkontribusi secara positif dalam meningkatkan motivasi siswa serta mempermudah pemahaman konsep-konsep dalam statistika. Media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan kontekstual, sehingga dapat menjadi alternatif dalam inovasi pembelajaran matematika.Referensi
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Springer Science & Business Media.
Hamdani. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bandung: Alfabeta.
Inayah, Y., & Safari, Y. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 125–134.
Mardapi, D. (2021). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Nasir, A. M., & Nirfayanti, N. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 34–41.
Nurrohman, H., Aini, K., & Izzati, S. R. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Fungsi Pemodelan. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.
Putri, I. N., Kemas, K., Apriliani, L., Hasanah, N., Ratnaningsih, N., & Patmawati, H. (2025). Penerapan Media Pembelajaran STAKO untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar pada Materi Statistika Data Bivariat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 774–781.
Rahayu, S., & Prasetyo, B. (2023). “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Interaktif.†Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 112-124.
Rahmawati, F., Kirana, A. R., & Partasiwi, N. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 295–302.
Rusman. (2022). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Saragih, S., & Napitupulu, E. (2020). “Pengaruh Media Visual terhadap Pemahaman Konsep Matematika.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 67-75.
Sudjana, N. (2020). Metode Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, A., et al. (2021). “Efektivitas Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika.†Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 45-56.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TARBAWI:Journal on Islamic Education

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TARBAWI: Journal on Islamic Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.