EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PAPAN BILANGAN BERPANGKAT (PLAKAT) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP EKSPONEN

Penulis

  • Hari Prastyo Tadris Matematika, Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Agus Setiawan Tadris Matematika, Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Wawan Wawan Tadris Matematika, Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • M. Saidun Anwar Tadris Matematika, Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Choirudin Choirudin Tadris Matematika, Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24269/tarbawi.v9i2.3233

Kata Kunci:

Papan Bilangan Berpangkat, Eksponen, Media Pembelajaran, Pemahaman Siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Papan Bilangan Berpangkat (PLAKAT) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep eksponen. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kesulitan siswa dalam memahami operasi eksponen yang bersifat abstrak dan minimnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan PLAKAT dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PLAKAT secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep eksponen dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa PLAKAT merupakan alat bantu yang efektif dalam memperjelas konsep eksponen serta meningkatkan motivasi belajar siswa.

Referensi

Hidayat, R. (2020). Inovasi dalam Pembelajaran Matematika: Studi Kasus pada Konsep Eksponen. Jakarta: Gramedia.

Inayah, Y., & Safari, Y. (2025). Inovasi media pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 125–134.

Kemendikbud. (2021). Kurikulum Pendidikan Matematika Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Piaget, J. (1970). The Theory of Cognitive Development. New York: Basic Books.

Prasetyo, A. (2022). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, M. (2018). Dasar-Dasar Matematika untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Putri, D. M., Mailani, E., Kharismayanda, M., Siahaan, F. P., Khairunnisa, K., Pandia, Y. M. B. S., & Panggabean, X. B. (2024). Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar: Pendekatan kreatif untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 48412–48417.

Rahmawati, F., Kirana, A. R., & Partasiwi, N. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 295–302.

Rahmawati, S. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika. Surabaya: Erlangga.

Safitri, S. T., Darminto, B. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web berbantu GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 39–46.

Setiawan, B. (2020). Pembelajaran Aktif dalam Matematika: Pendekatan Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

2025-09-16