STUDI KASUS : UPAYA PEMENUHAN VOLUME CAIRAN PADA PASIEN DEWASA PENDERITA GASTROENTRITIS DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO RUANG MAS MANSYUR

Ilham Muhammad, Laily Isro’in, Metti Verawati
DOI: 10.24269/hsj.v4i1.401

Abstract


Gastroentritis adalah keadaan seseorang yang sering buang air besar atau biasa disebut dengan diare. Penderita gastoentitis mengalami buang air besar berkali-kali. Tujuan dalam studi kasus ini adalah untuk mengetahui asuhan keperawatan pada pasien dewasa penderita gastroentritis dengan masalah keperawatan kekurangan volume cairan meliputi pengkajian (analisis), membuat diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Studi kasus dilakukan di RSU Muhammadiyah Ponorogo di ruang Mas Mansyur selama 3 hari mulai tanggal 06 – 08 Agustus 2019. Metode yang digunakan adalah metode keperawatan, mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengkajian adalah pasien mengalami mual, muntah, mencret, nyeri, dan sering merasa haus. Tindakan untuk mengatasi kekurangan volume cairan adalah dengan memberikan intervensi manajemen cairan berupa pertahankan catatan intake dan output yang akurat, monitor status hidrasi (kelembaban membran mukosa, nadi adekuat, tekanan darah ortostatik), monitor vital sign, monitor masukan makanan atau cairan dan hitung intake kalori, Kolaborasikan pemberian cairan, monitor status nutrisi, dorong keluarga untuk membantu pasien makan, kolaborasi dengan dokter dan manajemen hipovolemia berupa monitor status cairan termasuk intake dan output cairan, monitor tingkat Hb dan hematokrit, monitor tanda vital, monitor respon pasien terhadap penambahan cairan, monitor berat badan. dorong pasien untuk menambah intake oral. monitor adanya tanda dan gejala kelebihan volume cairan. monitor adanya tanda gagal ginjal selama 3 hari. Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa kekurangan volume cairan yang diderita pasien sebagian teratasi. Asuhan keperawatan ini diharapkan memenuhi kebutuhan volume cairan pada pasien.


References


Agus, S. N. S., Handoyo, Widiyanti, D. A. K. 2009. Analisis Faktor-Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Kejadian Diare Pada Balita Di Puskesmas Ambal 1 Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 5, No. 2.

Astuti, W. P., Herniyatun, & Yudha, H. T., 2011. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Sanitasi Makanan Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Lingkup Kerja Puskesmas Klirong 1. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, volume 7, no. 2, juni.

Betz, Cecily L. & Sowden, Linda A. 2009. Buku Saku Keperawatan Pediatri Edisi 5. Jakarta: EGC.

Black, M. Joycen & Hawks H. Jane. 2010. Keperawatan Medikal Bedah Menajemen Klinis untuk Hasil Yang Diharapkan. Edisi 8. Buku 2 . Jakarta: Buku Kedokteran.

Daldiyono dan Marcellus Simadibrata K. 2009. Diare Akut. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Edisi Kelima. Jilid III. Jakarta: Internal Publishing.

Kit, Leong Wai dan Karen Tong. 2008. Fluid The Forgetten Factor. In A Singapore General Hospital Bi-monthly Publication Journal, Issue 6.

Setiadi. 2013. Konsep dan Praktek Penulisan Riset Keperawatan, Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sodikin. 2013. Asuhan Keperawatan Anak: Gangguan Sistem Gastrointestinal dan Hepatobiler. Salemba medika: Jakarta.

Vaughans, Bennita W. 2013. Keperawatan dasar. diahli bahasakan oleh Prabawati A. Yogyakarta: Rapha Publishing.

WHO. 2013 .Diarrhoeal disease: http://www.who.int/topics/diarrhoea/en/

Wong. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, alih bahasa Andri Hartono, dkk. Edisi 6. Jakarta : EGC.

Yuliastati, Arnis Amelia. 2016. Buku keperawatan anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.