STUDI KASUS PADA IBU BERSALIN KALA 1 FASE AKTIF MEMAJANG DI PMB KATMIATIN SAWOO PONOROGO

Chirana Candra Mukti Santoso, Aida Ratna Wijayanti, Fetty Rosyadia Wachdin

Abstract


Kehamilan suatu peristiwa transisi sosial dan psikologis yang sangat kritis. Perjalanan kehamilan dapat terjadi komplikasi yang menyebabkan kematian bagi ibu dan bayi. Asuhan kebidanan secara continuity of care diperlukan untuk skrining faktor resiko. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat diskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui pengkajian data, perumusan diagnosa, dan perencanaan pendokumentasian secara SOAPIE dan SOAP. Pemberian asuhan kebidanan pada Ny.A G1P00000 usia UK 40 – 41 minggu dimulai pada tanggal 15 februari 2021 sampai dengan 25 April 2021. Pada proses persalinan tanggal 03 maret 2021 terjadi perpanjangan kala 1 fase aktif lebih dari 24 jam dan dilakukan rujukan, sehingga Ny. A melahirkan secara Sectio Caesar. Dengan adanya asuhan berkesinambungan sesuai standar pelayanan  mampu untuk mendeteksi dini adanya kegawatdaruratan sehingga dapat segera di tangani dengan baik. Pada masalah ibu bersalin dengan perpanjangan kala 1 fase aktif salah satu yang diteliti. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui status paritas dan faktor resiko yang terjadi pada ibu. Hasil penelitian primigravida mengalami proses perpanjangan kala I fase aktif yang lebih dari 24 jam dan Bidan mengambil tindakan yaitu proses rujukan kepada Ny. A untuk mengurangi resiko komplikasi pada ibu dan gawat janin.


References


Dinkes, K. P. (2018) Profil kesehatan Kabupaten Ponorogo. Dinkes Kabupaten Ponorogo.

Nur Amellia, S. W. (2018). Asuhan Kebidanan Kasus Kompleks Maternal & Neonatal. PT Pustaka Baru.

Saifuddin, (2014) Buku Panduan Praktis Pelayanan Meternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sari E, dkk. (2014). Asuhan Kebidanan Continuity Of Care Pada Ny. S Masa Hamil Sampai Keluarga Berencana Di PMB Yuni Siswati Balong Ponorogo.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/hsj.v6i1.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.