PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2011-2016

AMALIA SUSANTI, KHUZNATUL ZULFA WAFIROTIN, ARIF HARTONO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance (GCG), profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. GCG dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan proksi kepemilikan manajerial. Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio profitabilitas return on equity (ROE), sedangkan ukuran perusahaan diukur berdasarkan Ln total aktiva. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan yang diukur dengan analisis Tobin’s Q.
Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang berbentuk kuantitatif yang berasal dari laporan keuangan tahunan yang telah diaudit perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapati ada sebanyak 10 perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian dari sebanyak 123 perusahaan yang diamati. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil dari pengujian hipotesis pertama (Ha1) menunjukkan bahwa variabel good corporate governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. hal ini terjadi karena struktur kepemilikan manajerial di Indonesia masih tergolong sangat kecil dan didominasi oleh sistem keluarga, serta pemilik manajemen perusahaan juga belum sepenuhnya bisa memberikan kepercayaannya terhadap manajemen perusahaan dalam hal jalannya perusahaan. Hasil pengujian hipotesis kedua (Ha2) menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa semakin besarnya keuntungan perusahaan untuk membayarkan devidennya, maka akan berdampak baik pula bagi nilai perusahaan. Hasil pengujian hipotesis ketiga (Ha3) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa jika dilihat dari sisi manajemen perusahaan, ukuran perusahaan yang besar akan menjadi suatu kemudahan yang dimiliki perusahaan itu sendiri dalam mengendalikan perusahaan yang juga akan diikuti dengan meningkatnya nilai perusahaan. Hasil pengujian pada hipotesis ke empat (Ha4) uji simultan menunjukkan bahwa variabel good corporate governance (GCG), profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.


References


Brealey, Myers dan Marcus.(2001). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Dewi, Ayu Sri Mahatma. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 (2013): 358-372..

Hadianto,M.L.(2013). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Dan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi.Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Hidayah,E.(2008), Pengaruh Kualitas Pengungkapan Informasi Terhadap Hubungan Antara Penerapan Good Corporate Governance Dengan Kinerja Perusahaan Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia. Vol.12 No.4.

Husnan, S. dan Pudjiastuti, E. (2002). Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan. Edisi ke empat. Yogyakarta:UPP AMP YKPN.

Pertiwi, Tri Kartika dan Pratama,Ferry Madi Ika.(2012). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan UPN Veteran Surabaya Vol. 14, No.2, September 2012 : 118-127.

Prasetyorini, Bhekti Fitri. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage,Price Earning Ratio,Dan Profitablitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya Volume 1, Nomor 1, Januari 2013.

Purwaningtyas, Frysa Praditha.(2011). Analisis Pengaruh Mekanisme Good corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI tahun 2007-2009). Skripsi. Universits Diponegoro Semarang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alvabeta.

Tumirin. (2007) . Analisis Penerapan Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Akuntansi. Vol.6.

Weston.J.Fred dan Thomas E. Copeland. (1992). Manajemen Keuangan, Jilid 2,Edisi Ke Sembilan. Jakarta : Binarupa Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v3i1.236

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v3i1.236.g227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.