PENGARUH PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TOKO KAIN KILOAN AULIA PONOROGO)

APRIDA RIANI, SETYO ADJIE, Siti Chamidah

Abstract


Keputusan Pembelian adalah suatu proses pengintegrasian yang mengkombinasi sikap dan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya (Susastro, 2012: 38). Menurut Raharjani (2010), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Faktor-faktor tersebut antara lain; produk, harga dan pelayanan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh produk, harga dan kualitas layanan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dihasilkan berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo. Analisis data penulis lakukan diawali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner menggunakan skala Likert, di mana alternatif jawaaban nilai 1 hingga 5 pemberian skor dilakukan atas jawaban pertanyaan baik mengenai Produk (X1), Harga (X2), Kualitas Layanan (X3) maupun Keputusan Pembelian (Y).
Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 3,272 dengan koefisien regresi 0,476.
Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 2,356 dengan koefisien regresi 0,444. Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 3,706 dengan koefisien regresi 0,227.Diantara variabel independen yang ada (Produk, Harga dan Kualitas Layanan), Variabel Kualitas Layanan menjadi variabel yang dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikasni sebesar 3,706 dengan koefisien regresi 0,227.
Produk, Harga dan Kualitas Layanan secara bersama-sama/simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil uji F hitung dengan nilai signifikasni sebesar 19,366.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatakan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset

Iqbal, Muhammad. 2018. Pengolahan data dengan Regresi Linear Berganda, (diunggah Oktober 2018, pukul 22.21 WIB).

John C. Mowen dan Michael Minor. 2007. Perilaku Konsumen .Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Mudrajad Kuncoro, 2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Niti Susastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen: Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Singgih Priatmaji Sasongko. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sutisna, 2002. Perilaku Konsumen dan Harga Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono. 2008. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Andi Yogyakarta.

Yuliani. 2005. Pengaruh Lokasi, Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di ABC Swalayan Purbalingga. Universitas Negeri Semarang


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v3i1.238

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v3i1.238.g229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.