PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DI TK AISYIYAH KENITEN

Nabila Faizatur Rofidah, Betty Yulia Wulansari, Hadi Cahyono

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Menetapkan proses pelaksanaan penguatan nilai-nilai Pancasila tentang kemanusiaan yang adil dan beradab di TK Aisyiyah Keniten. (2) menemukan nilai dalam proses penerapan sila-sila Pancasila tentang kemanusiaan yang adil dan beradab di TK Aisiyah Keniten; (3) Menemukan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses pelaksanaan penguatan nilai-nilai Pancasila, prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab, TK Aisyiyah Keniten.Ini adalah survei kualitatif yang ditargetkan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa TK Aisyiyah Keniten. Kegiatan penelitian untuk mengumpulkan data lapangan dari sumber data. Teknik wawancara dan pengamatan digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Kemudian, rangkum data dengan memilih yang paling penting dan fokus pada yang penting sesuai dengan topik penelitian Anda. Langkah selanjutnya adalah menampilkan data. Penyajian data penelitian ini adalah teks naratif. Langkah terakhir dalam menganalisis penelitian kualitatif adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dalam proses penguatan nilai-nilai Pancasila, prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab di TK Aisiyah Keniten, menunjukkan perilaku yang mencerminkan prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab pada siswa sawah. TK Aisiyah Keniten layak diikutsertakan dalam proses penguatan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Ada pula faktor pendukung dan penghambat dalam proses penguatan nilai-nilai Pancasila, sila kemanusiaan yang adil dan beradab

Keywords


Pancasila, Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Anak Usia Dini

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajeman Penelitian. Jakarta : Renika Cipta

Cristine dan Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani, 2011 Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia

Kaelan. 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Paradigma

Mulyasa E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dengan pendekatan Kuantitati, Kualitatif dan R & D). Jakarta: Alfabeta

Winarno. 2007. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Astiti, Tjok Istri Putra Dkk. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Norma Etik Dalam Kehidupan Bernegara, Berbangsa, Dan Bermasyarakat. Universitas Udayana. Bali.

Rianto, Hadi. 2016. Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 3, No. 1, Juni 2016.

Azizah. 2017. Jurnal : Peran Empat Pilar Kebangsaan Dalam Membentuk Karakter Individual Dalam Keseimbangan Berusaha. Lex Publica : Jakarta Selatan,

Pimpinan MPR dan Badan Sosialisasi MPR RI Periode 2014/2019. 2017. Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Sekretariat Jendral MPR RI

Tap MPR-RI No. II/MPR /1978

……………..(2020). Perkembangan Anak Usia Dini, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Arriani, Farah. Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital, JECE (Journal of Early Childhood Education), Vol. 1 No. 2 | 61-68 Copyright © 2019 | JECE | P-ISSN 2686-2492 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece diakses pada 02 February 2022

http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/6342/1/ae6721ab3434f59f550fbd65af3e68d9.pdf diakses pada 23 Desember 2021 pukul 08.45.

Pratama, Siska. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas V Sdn 03 Negeri Batin Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020 http://repository.radenintan.ac.id/12284/1/PERPUS%20PUSAT.pdf diakses pada 02 February 2022

https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/268/265 diakses pada 8 Januari 2022 pukul 09.45.

Sasmito, Yogi Aji. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Di Sdn 03 Ngemplak. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta http://eprints.ums.ac.id/70649/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. diakses pada 4 Januari 2022 pukul 10.45.

Siregar, Sovi Anwari dkk. 2019. Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. https://osf.io › preprints › inarxiv › download diakses pada 23 Desember 2021 pukul 09.30.

Sumarni (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pola Pembinaan Santri Di Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/12217-Full_Text.pdf diakses pada 02 February 2022

Uce, Loeziana. The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak https://core.ac.uk/download/pdf/228450173.pdf diakses pada 3 Juni 2022

Wahyono, Imron. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. https://adoc.pub/queue/implementasi-nilai-nilai-pancasila-dalam-kegiatan-pembelajar.html diakses pada 02 February 2022

Y. Ch. Nany S. 2009. Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika VOl. 9 No. 1, Maret 2009.

https://journal.uny.ac.id

https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20191014215027 diakses pada 02 February 2022

https://hot.liputan6.com/read/4612327/mengenal-makna-pancasila-beserta-filosofi-lambang-di-setiap-sila diakses pada 17 Februari 2022 pukul 06.32

https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/3787/3263 diakses pada 8 Januari 2022 pukul 14.55.

http://www.tribunnews.com/nasional/2017/07/26/tidak-hapal-pancasila-polisi-ini-viral-di-sosmed diakses pada 4 Januari 2022 pukul 08.14.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5715673/nilai-nilai-pancasila-pengertian-dan-contohnya-dalam-kehidupan-sehari-hari diakses pada 8 Januari 2022 pukul 10.45.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201202162341-31-577170/mengenal-pancasila-fungsi-nilai-dan-arti-lambang. 23 Desember 2021 pukul 10.23.

https://www.journal.ikippgriptk.ac.id diakses pada 4 Januari 2022 pukul 13.15.

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11951-Full_Text.pdf diakses pada 4 Juni 2022 pukul 08.30


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i2.1474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.