UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489Keywords:
Komponen, Berkualitas, bermutu, profesional, kerja kerasAbstract
Pendidik khususnya guru merupakan komponen dasar utama terhadap terciptanya proses hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu maka diperlukannya dukungan dari guru yang profesional, perwujudan impian ini bukanlah mudah, maka diperlukannya kerja keras dan kerja sama dari semua pihak, yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dan pendidikan itu sendiri
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun Tahun 2005.â€. Tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Amandemen keempat, Surabaya : Karya Utama, 2002.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Yunus, Muhammad. 2016. “Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.â€. LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 19
Kristiawan, Muhammad, dan Nur Rahmat. 2018. “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran.â€. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan. Vol. 3.
Jamin, Hanifuddin. 2018. “ Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru.â€. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Vol. 10.
Notanubun, Zainuddin. 2019. “ Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital.â€. Jurnal Bimbingan Konseling dan Penerapan. Vol. 3.
Hasanah, Aan. 2012. “ Pengembangan Profesi Guruâ€. CV Pustaka Setia : Bandung.
Wijaya, Chandra, dkk. 2019. “ Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikanâ€. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPP). Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.