MEDIA AUDIO PODCAST DALAM MENGENAL MERAK UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2180Keywords:
media podcast, mengenal merak, eduwisata ndalem kertoAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media podcast dalam mengenal merak pada anak usia 4-5 tahun di Eduwisata Ndalem Kerto. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media audio podcast yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Thiagarajan define, design, develop, dan disseminate (4D). Berdasarkan hasil uji media podcast dapat dilakukan melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian validitas materi mendapat persentase 93% (sangat valid) dan media pada persentase 100% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan terhadap respon guru diperoleh persentase 100% (sangat praktis). Dan hasil uji keefektifan siswa mendapat persentase 100% (sangat efektif).
References
Agassy, F.S., Harmanto, B., & Indriastuti, N.R. (2020). Improving Early Childhood Students†English Vocabulary By Using Animal Pop Up Slide Media In TK Aisyiyah Dolopo. Jurnal Edupedia, 4(1).
Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49-56.
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio audio podcasts as audio-based learning resources. Jurnal Teknodik, 304-314.
Kurniawan, M. B., & Pratama, B. (2010). Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia. Cikal Aksara.
Lavircana, R. (2020). Penggunaan Podcast Sebagai media hiburan dan informasi di Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Lutfiah, N., & Ghaliza, S. R. (2021). Nilai Pendidikan Dalam Cerita Fbael Rusa Dan Kura-Kura Serta Cerita Fabel Burung Merak Dan Kupu-Kupu Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indoensia. Prosiding Samasta.
Machawan, A. E. R., & Rosiah, R. (2022, December). Pengenalan Podcast Sebagai Media Pengajaran Di PAUD Anak Samudra, Pedukuhan Ngepet. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Rusdi, F. (2019). Podcast sebagai industri kreatif. SNIT 2012, 1(1), 91-94.
Suryana, D. & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Audio Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi, 6 (2).
Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., & Wahyudi, W. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Widina Chakti Persada
Syaifudin, M. (2021). Integrasi teknologi dalam pembelajaran di kelas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.