MEDIA AUDIO PODCAST DALAM MENGENAL MERAK UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Cahya Mutiara Anisa Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2180

Keywords:

media podcast, mengenal merak, eduwisata ndalem kerto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media podcast dalam mengenal merak pada anak usia 4-5 tahun di Eduwisata Ndalem Kerto. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media audio podcast yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Thiagarajan define, design, develop, dan disseminate (4D). Berdasarkan hasil uji media podcast dapat dilakukan melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian validitas materi mendapat persentase 93% (sangat valid) dan media pada persentase 100% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan terhadap respon guru diperoleh persentase 100% (sangat praktis). Dan hasil uji keefektifan siswa mendapat persentase 100% (sangat efektif).

Author Biographies

Cahya Mutiara Anisa, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

PG PAUD

Dian Kristiana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

PG PAUD

References

Agassy, F.S., Harmanto, B., & Indriastuti, N.R. (2020). Improving Early Childhood Students†English Vocabulary By Using Animal Pop Up Slide Media In TK Aisyiyah Dolopo. Jurnal Edupedia, 4(1).

Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49-56.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).

Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio audio podcasts as audio-based learning resources. Jurnal Teknodik, 304-314.

Kurniawan, M. B., & Pratama, B. (2010). Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia. Cikal Aksara.

Lavircana, R. (2020). Penggunaan Podcast Sebagai media hiburan dan informasi di Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Lutfiah, N., & Ghaliza, S. R. (2021). Nilai Pendidikan Dalam Cerita Fbael Rusa Dan Kura-Kura Serta Cerita Fabel Burung Merak Dan Kupu-Kupu Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indoensia. Prosiding Samasta.

Machawan, A. E. R., & Rosiah, R. (2022, December). Pengenalan Podcast Sebagai Media Pengajaran Di PAUD Anak Samudra, Pedukuhan Ngepet. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Rusdi, F. (2019). Podcast sebagai industri kreatif. SNIT 2012, 1(1), 91-94.

Suryana, D. & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Audio Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi, 6 (2).

Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., & Wahyudi, W. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Widina Chakti Persada

Syaifudin, M. (2021). Integrasi teknologi dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Anisa, C. M., & Kristiana, D. (2023). MEDIA AUDIO PODCAST DALAM MENGENAL MERAK UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN. EDUPEDIA, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2180

Issue

Section

Articles