PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MINAT BELAJAR MAHASISWA DI KAMPUS SAE INDONESIA JAKARTA

Krishna Niki Yandha, Yunus Handoko, Tin Agustina Karnawati

Abstract


Perubahan peradaban menuju masyarakat berpengetahuan  atau knowledgesociety, menuntut masyarakat dunia untuk menguasai keterampilan abad 21 yaitu mampu memahami dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICTLiteracy Skills). Pendidikan memegang peranan sangat penting dan strategis dalam membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: (1) sadar teknologi dan media; (2) melakukan komunikasi efektif; (3) berpikir kritis; (4) memecahkan masalah; dan (5) berkolaborasi. Salah satu solusi metode pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Blended Learning yang akan di integrasikan dengan kemampuan abad ke-21 (kemampuan berpikir kritis,berpikir kreatif,komunikasi dan kolaborasi). Penelitian ini akan berfokus kepada fenomena yang terjadi di kampus vokasi yang mana akan lebih sulit untuk menyelenggarakan KBM secara jarak jauh dikarenakan pada kampus vokasi, lebih banyak science practice atau praktikal ilmiah yang dilakukan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampling yang digunakan sebanyak 42 orang sesuai dengan jumlah populasi yang tersedia. Data penelitian diolah secara kuantitatif deskriptif dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Metode pembelajaran Blended Learning dengan metode  project-based learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, 2) Metode pembelajaran Blended Learning dengan metode  project-based learning memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar, 3) Minat belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, 4) Minat belajar dapat memediasi pengaruh antara pembelajaran Blended Learning dengan metode  project-based learning terhadap hasil belajar mahasiswa di kampus SAE Indonesia Jakarta.


Keywords


Project Based Learning Berbasis Blended Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar

References


Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online** Pengembangan teori dari penelitian berjudul “persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online” yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), .

Amir, N., Rusmono, D., & Setiawati, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran ipa. Educational Technologia, 1(2).

Dana, L. P., & Dumez, H. (2015). Qualitative research revisited: epistemology of a comprehensive approach. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 26(2), 154-170.

Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended Learning: Uncovering its transformative potential in higher education. The internet and higher education, 7(2), 95-105.

Graham, S. (2006). Peer victimization in school: Exploring the ethnic context. Current directions in psychological science, 15(6), 317-321.

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended Learning). Research Report.

Matondang, S. (2018). Memahami Identitas Diri Remaja dalam Kristus Menurut Efesus 2: 1-10. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1, 105-124.

Sumaji, S., & Wahyudi, W. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 746-755.

Thomas, R. (2000). Herodotus in context: ethnography, science and the art of persuasion. Cambridge University Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v7i2.2196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.