PENGARUH KEGIATAN BERCOCOK TANAM MELALUI MEDIA HIDROPONIK TERHADAP KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B1 DI TK DHARMAWANITA MENDALO DARAT

Mega Setiya Ningrum, Hendra Sofyan, Sri Indriani Harianja

Abstract


Penelitin ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bercocok tanam melalui media hidroponik terhadap kecerdasan naturalis kelompok B1 di TK Dharma Wanita mendalo Darat. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa pada kelompok B1 dengan jumlah 12 sampel. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and post test desaign digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik sample cluster sampling, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, sedangkan analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan uji normalitas (liliefors), dan uji hipotesis (uji T dengan paired samples test)  menggunakan software SPSS. Kegiatan bercocok tanam melalui media hidroponik yang dilakukan yaitu mengajak anak melakukan kegiatan menanan, merawat, sehingga anak dapat mengetahui proses pertumbuhan dan kebutuhan pada tanaman guna mengetahui pengaruh kegiatan bercocok tanam melalui media hidroponik,. Instrument yang digunakan merupakan indrikator kecerdasan naturalis menurut prasetyo yang dikembangkan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.  Instrument penelitian yang digunakan divalidasi terlebih dahulu oleh validator untuk  mengetahui kevalidan instrument. Hasil penelitian menunjukan mean pre-test 31,33, dan post-test 67,25 . Dilakukan uji hipotesis menggunakan uji T test dan didapati nilai n -34,729>2,201 yang artinya terdapat peningkatan pada nilai rata-rata setelah dibandingkan (nilai pre-test < nilai post-test). Hasil analisis data dari uji hipotesis  menunjukan nilai 0,000<0,05  (dengan taraf yang dipercara 95% ) dan  hasil akhir  pada penelitian ini melahirkan kesimpulan bahwasanya Ha  diterim dan Ho ditolak, dengan keterangan keterangan bahwa kegiatan bercocok tanam melalui media hidroponik berpengaruh terhadap kelompok B1 di tk dharma wanita mendalo darat.


Keywords


Anak Usia Dini, Bercocok Tanam, Hidroponik, Kecerdasan Naturalis

References


Agung.K.W, P. Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (A. W. Kurniawan (ed.)). Pandiva Buku.

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom (3rd ed.). ASCD.

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Fauziyah, R. F., Febrialismanto, F., & Hukmi, H. (2021). Pengembangan Media Tanaman Hidroponik NTF Sistem Bergambar untuk Pengetahuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Pembina 2 Pekanbaru.

Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal EduTech, 1(1), 13. Hasanah.H, D. (2021). Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (A. Arif (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.

Intan, S., & Bendriyanti. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Dengan Bercocok Tanam Sayur di PAUD Al-Fattah Kota Bengkulu. Early Child Research and Practice, 1(1), 42–45.

Jelita, R. (2021). Peningkatan Minat Bercocok Tanam Peserta Didik TK Metta Maitreya Pekanbaru Menggunakan Teknologi Hidroponik. Jurnal Maitreyawira, 9–18.

Nasution, U. S., Dewi, M., & Azmi, S. R. M. (2021). Meningkatkan motorik anak usia dini dengan bercocok tanam. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 17–20.

Nurhikmahyanti, D., Ismawati, R., Sukarno, S., & Haryati, A. S. (2020). Hidroponik Sebagai Laboratorium Pembelajaran Lingkungan Hidup Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 2(1), 193–196.

Nurlia, N., & Anggo, S. (2020). Hubungan Kecerdasan Naturalistik Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Di Kota Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2).

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. In Lembaran Negara RI No 146.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 21, Issue 1). Zifatama Publishing.

R.S Siregar et al. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan (A. K. Watrianthos Ronal (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Sofia, A., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Suprianingsih, S., Loravianti, S. R., & Syafwandi, S. (2016). Perancangan Game Sebagai Media Pembelajaran Berkebun Hidroponik. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 2(1), 78–92.

Syahza, A. (2021). Buku Metodologi Penelitian (Revisi, Issue September). UR Press Pekanbaru.

Widiarti, T. (2015). Fenomena Lingkungan Yang Ada Disekitar Rumah Dalam Sudut Pandang Antroposentris Di Lingkungan 1. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang .

Widodo, D. (2021). Ekologi dan Ilmu Lingkungan (Ronal Watrianthos (ed.); 1st ed.). Kita Menulis.

Yanuarsari, R., Octrianty, E., & Nurmilah, U. (2020). Penerapan Metode Bercocok Tanam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 1–6.

Yasbiati, Y., Giyartini, R., & Lutfiana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam Di Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia,

Yuliani, N. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (kedua).


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v7i2.2303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.