PENGEMBANGAN E-MODUL METODE STATISTIKA BERBASIS TEAM BASED PROJECT
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2392Keywords:
development of e-modules, statistics, ADDIE models, team based projectsAbstract
Dalam pembelajaran statistika perlu adanya integrasi data riil di lapangan, penguatan pembelajaran aktif, dan penggunaan teknologi yang dapat memudahkan mahasiswa mengakses pengetahuan kapan dan dimanapun. Untuk itu pengembangan e-modul dirasa tepat bagi mahasiswa untuk menunjang proses belajar mandiri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul Metode Statistika berbasis Team Based Project. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian berupa: (1) E-modul yang sudah dikembangkan berupa app. berbasis link yang dapat diakses secara online. (2) penilaian dari para ahli maka e-modul Metode Statistika berbasis Team-Based Project masuk pada kategori layak/valid. (3) berdasarkan uji coba terbatas, dapat dikatakan e-modul Metode Statistika berbasis Team-Based Project yang dikembangkan layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada perkuliahan Metode Statistika.References
embelajaran Di Era MEA. Jurnal Profit, 3(1), 49-`53.
Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918.
Hanggara, Y., & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas Viii Smpn 11 Bintan. JIPMat, 5(2), 240–247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.3962
Hanggara, Y., Agustyaningrum, N., & Hermansah. (2018). Pengembangan Modul Statistik Berbasis PMR untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 29–36.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Mauliddin. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaa Uji Statistik pada Skripsi Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 141–158.
Mustika, J. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3573. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929
Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762
Prayudha, D. R. (2014). Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat. 48–56.
Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).
Putri, K., Dirgantoro, S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau dari Prosedur Newman [ An Analysis Of Primary Teacher Education Students Solving Problems In Statistics For Educational Research Using The Newman Procedure ]. 2(2), 83–96.
Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2017). Pengembangan Modul Statistika Berbasis SPSS di STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal IKA, 15(2), 168–184.
Setyaedhi, H. S. (2021). Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistik Berbasis Higher Order Thinking di Universitas. Education Technology Journal, 1(1), 19–30.
Tirta, I. M. (2000). Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 223–232.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388
Wahyudi, W., Abadyo, A., & Purwanto, P. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menurunkan Sifat-Sifat Variansi dan Simpangan Baku. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 39-45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.