PENGEMBANGAN MEDIA BUKU MATEMATIKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Jayanti Putri Purwaningrum, Agung Slamet Kusmanto, Latifah Nur Ahyani, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku matematika bergambar yang valid dan praktis, serta menyebarluaskannya kepada pengguna sebagai upaya pengembangan pembangunan pendidikan berkelanjutan melalui program peningkatan literasi numerasi dan penguatan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan pengembangan atau Reseach and Development (R&D). Kegiatan penelitian dilakukan di kelas IV SD pada salah sekolah yang ada di Kabupaten Kudus. Sebelum produk diujicobakan secara terbatas di sekolah maka dilakukan kegiatan validasi terlebih dahulu kepada tiga pakar yakni pakar konten matematika, pakar kebahasaan dan pakar media pembelajaran. Hal ini dilakukan agar prouk yang dikembangkan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan penelitian. Untuk melihat keefektifan dari produk yang dikembangkan maka dilakukan analisis n-gain ternormalisasi. Hasil dari uji coba skala terbatas diperoleh data bahwa produk berupa buku matematika bergambar dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi penelitian lain dalam melaksanakan kegiatan penelitian lanjutan misalnya dalam pembuatan media pembelajaran berupa komik 3D untuk siswa diskalkulia atau siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam matematik.


Keywords


Media Buku Matematika Bergambar; Kemampuan Literasi Numerasi; Sekolah Dasar

References


Anita, A. (2014). Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Konsep Faktor dan Kelipatan.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). A needs assessment of edutainment module with ethnoscience approach oriented to the love of the country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 153–161. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.13285

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 05(1), 39–48.

Cahyanovianty AD and Wahidin, W. (2021). Analysis of the Numerical Ability of Class VIII Students in Completing Minimum Competency Assessment Questions. J Scholar J Educator Mat, 5(2), 1439–1448.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Fauzanah, A. E., Aminudin, M., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(005), 312–322.

Fitiradhy, A., Nafida Hetty Marhaeni, Riawan Yudi Purwoko, Muhammad Irfan Rumasoreng. (2023). The Effects of Puppet Ethnomathematics Applications as Mathematics Teaching Materials for Character Education-Based. Pegem Journal of Education & Instruction/Pegem Egitim ve Ögretim. 13(2), 153-160.

Fitri, D., & Aini, N. (2021). The Urgency of Digital Skill Improvement Through E-Modules Literasi Digital: Urgensi Peningkatan Digital Skill Melalui E-Modul. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(February), 94–101.

Harisnur, F., & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–32.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas Vii SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50

Kurniasih, N., & Purwoko, R. Y. (2022). Analisis Aspek Numerasi Siswa Kelas IX SMP pada Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum. 4(2), 13–22.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257.

Nababan, G., Purba, J. E. L., & Aji, K. A. (2021). Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas VII di Sekolah ABC Pada Pembelajaran Matematika. Jumadika: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 3(2), 100–109.

Nuryadi, N., Fitriadhy, A., Marhaeni, N. H., Purwoko, R. Y., & Rumasoreng, M. I. (2023). The Effects of Puppet Ethnomathematics Applications as Mathematics Teaching Materials for Character Education-Based. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(2), 153–160. https://doi.org/10.47750/PEGEGOG.13.02.19

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.

Oktafianti, R. I., Purwoko, R. Y., & Astuti, E. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Melalui Permainan Tradisional Jawa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM). https://doi.org/10.37729/jipm.v1i1.5810

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42–55.

Purwoko, R. Y., Aci Primartadi, Yosep Efendi, Thomas Amin. (2022). The Online Learning Creativity Using the Google Meet Platform in Vocational High Schools. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 111-121.

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., Nadhilah, S., Purworejo, U. M., & Purworejo, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. 5(1), 1–8.

Putri Purwaningrum, J., Nur Ahyani, L., & Prasetyo Utomo, A. (2022). The Need for a Digital Module To Improve the Numerical Literacy of Dyscalculia Students. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 99–110. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no1.2022pp99-110

S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM, VII(I), 91–96.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 3(2019), 352–360.

Sumaji, S., & Wahyudi, W. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 746-755.

Veronika, R., Ginting, B., Arindani, D., Mega, C., Lubis, W., & Shella, A. P. (2022). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122.

Yudi Purwoko, R., Nugraheni, P., Nadhilah, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Muhammadiyah, U., Purworejo, P., Purworejo, K., Purworejo, K., Tengah, J., & Penulis, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26486/JM.V4I2.1165


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v7i2.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.